NEWS TICKER

2 bulan

Kembangkan UMKM, Prodi TICK Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Rancang Mesin Produksi Untuk Kemasan UMKM

29 Agustus 2022 50 KALI DILIHAT

JAKARTA, MediaSorotMata.com – Jakarta (27/8/2022), Program Studi Teknologi Industri Cetak Kemasan (TICK) Politeknik Negeri Jakarta mengadakan pengabdian masyarakat dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai kemasan serta penyerahan alat die cutting untuk produksi kemasan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan program studi TICK dalam menjalankan kewajiban Tridharma.

Dalam kesempatan membuka acara Wiwi Prastiwinarti selaku Ketua Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP) menyampaikan bahwa “Kegiatan ini adalah salah satu wadah bagi para dosen dan mashasiswa untuk bisa menerapkan ilmu yang kami kembangkan di kampus untuk bisa diterapkan menjadi bisa memberi kontribusi penyelesaian masalah yang ada di masyarakat.

Bertempat di Dapoer Ikan Umi Ali di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung Jakarta Timur kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 20 orang peserta yang berasal dari berbagai UMKM mitra di sekitar lingkungan Kecamatan Cipayung.

Kegiatan Pengabdian Penerapan IPTEK Berbasis Kelompok Bidang Keahlian (PPIKBK) ini diketuai langsung oleh Muryeti yang juga Ketua Program Studi Teknologi Industri Cetak Kemasan (TICK) Politeknik Negeri Jakarta. Dalam pelaksanaan PPIKBK kali ini bermitra dengan UMKM Chibie Donuts dan Nasi Bakar Jo dengan mengusung judul “Perancangan dan Pembuatan Alat Die Cutting untuk Kemasan UMKM”.

Kegiatan PPIKBK ini dilakukan dengan mengaplikasikan bidang keilmuan yang dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di mitra yaitu dengan merancang dan memberikan sebuah mesin die cutting yang dapat digunakan untuk mendukung para pelaku UMKM agar dapat mandiri memproduksi kemasan sendiri khususnya untuk proses finishing atau pemotongan kemasan. Harapan dari pengadaan alat die cutting ini juga agar dapat meminimalisir biaya produksi.

Pada acara pengabdian ini dilakukan pendampingan dan simulasi penggunaan alat die cutting. Alat die cutting yang dihasilkan dari kegiatan ini nantinya akan didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk menunjang akreditisasi intitusi dan memberikan perlindungan hukum dari karya original yang dihasilkan dari penelitian.

Akhir kesempatan, Muryeti selaku Kepala Program Studi TICK menyampaikan harapannya “Kegiatan sharing session dan pengabdian bisa bermanfaat untuk mitra dan UMKM sekitar wilayah Cipayung dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas usahanya”.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Jurusan “Semoga kegiatan kita bisa membawa manfaat untuk bapak ibu semuanya karena kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan tridharma di kampus,” ucap Wiwi Prastiwinarti.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat mengapresiasi, Lukman selaku peserta yang hadir menyampaikan ucapan terima kasih atas berlangsungnya kegiatan ini. “semoga kegiatan ini terus dilakukan secara berkala, kami sangat senang dengan kegiatan yang bermanfaat seperti ini, semoga bisa diselenggarakan secara berkelanjutan,” ucapnya. (Novi PS/Ori)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments