NEWS TICKER

6 bulan

160 Anak Ikut Khitan Massal Gratis Yang Diselenggarakan Pemkab Sidoarjo

17 Januari 2023 107 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Khitan massal gratis dalam rangka memperingati hari jadi ke 164 tahun 2023 Kabupaten Sidoarjo digelar di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa, (17/1/2023). Terdapat 160 anak yang ikut. Mereka dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Tidak hanya gratis, Baznas Kabupaten Sidoarjo juga memberikan hadiah kepada seluruh anak yang dikhitan. Hadiahnya berupa baju koko, sarung, songkok, tas sekolah, snack dan uang saku sebesar Rp. 250 ribu. Secara simbolis hadiah tersebut diserahkan Pj. Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto, Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor S.Hum serta Ketua Baznas Sidoarjo M. Chasbil Azis Salju Sodar dan Ketua DWP Sidoarjo Ary Andjar Surjadianto.

Pj. Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto berterimakasih kepada Baznas Sidoarjo yang rutin menyelenggarakan khitan massal gratis seperti ini. Dikatakannya, kegiatan ini merupakan wujud kolaborasi antara Pemkab Sidoarjo dengan lembaga lainnya dalam pembangunan.

“Kolaborasi seperti ini selaras dengan tema peringatan hari jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke 164 yakni “Bergerak Serentak, Maju Bersama”, artinya bergerak serentak itu kita tidak hanya bergerak sendiri, tetapi bersama orang lain, bersama pihak lain dalam rangka maju bersama membawa Kabupaten Sidoarjo ini kearah lebih baik,”ujarnya.

Dikatakannya khitan massal gratis seperti ini akan sangat membantu masyarakat. Seluruh warga Sidoarjo dapat mengikutinya. Apalagi bagi warga yang terbentur biaya dalam mengkhitankan anaknya.

“Barangkali ada yang ingin mengkhitan anaknya tetapi terbentur dana sehingga harus menunggu waktu yang lama, dapat memanfaatkan khitan massal gratis kali ini,”sampainya.

Andjar juga menyampaikan tidak hanya dilihat dari bagian syariat Islam. Namun khitan dapat dilihat dari sisi medis. Khitan akan membawa dampak kesehatan. Lelaki yang dikhitan akan terhindar dari penyakit sumbernya pada kebersihan alat kelamin.

“Bisa jadi khitan ini akan menghindarkan kita, khususnya kaum laki-laki dari penyakit kanker prostat maupun infeksi disaluran kemih,”ucapnya.

Sementara itu Ketua Baznas Sidoarjo M. Chasbil Azis Salju Sodar mengatakan khitan massal gratis diselenggarakan untuk menyemarakkan hari jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke 164 tahun 2023 ini. Selain khitan massa gratis, Baznas Sidoarjo juga memiliki agenda kegiatan lainnya. Yakni screening mata dan operasi mata serta isbat nikah. Semuanya gratis untuk memeriahkan ulang tahun Sidoarjo tahun ini.

“Baznas Sidoarjo memiliki tiga agenda kegiatan untuk menyemarakkan hari jadi Kabupaten Sidoarjo, selain khitan massa gratis, juga ada screening mata yang kira-kira dilaksanakan tanggal 25 Januari besok, setelah itu ada isbat nikah yang diperkirakan akan dilaksanakan bulan Februari besok,”sampainya.

Disampaikannya peserta khitan massal gratis tahun ini tidak sebanyak tahun lalu. Ia melihat salah satu alasan orang tua anak karena dilakukan pada hari aktif sekolah. Ia berharap kegiatan Baznas Sidoarjo akan membawa berkah dan manfaat kepada warga Sidoarjo.

“Rencananya plavon kami 400, tetapi ternyata 160 dikarenakan berbagai alasan, salah satunya hari aktif sekolah sehingga anak-anak tidak bisa ikut,”ujarnya. (Nuri)

Related posts