NEWS TICKER

6 bulan

30 Peserta Forum Skill Development Center Kabupaten Sidoarjo, Resmi di Kukuhkan Bupati Sidoarjo

22 Desember 2022 59 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Pengukuhan Forum SDC (Skill Development Center) Kabupaten Sidoarjo dilakukan di Hotel Luminor Sidoarjo, Rabu (21/12/2022). Acara tersebut dihadiri Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Selain itu juga hadir stakeholder Sidoarjo dan pihak akademisi.

Gus Muhdlor sapaan akrab bupati Sidoarjo menyampaikan bahwa forum ini bukan hanya bertujuan untuk menciptakan sinergi dunia usaha, akan tetapi juga menciptakan SDM berkualitas dan siap kerja, khususnya lulusan SMK. Selain itu SDC diharapkan mampu memadukan dan mensinergikan program atau layanan pendidikan dan pelatihan bersama ketiga unsur yaitu lembaga pendidikan dan pelatihan, Dunia Usaha dan Industri/DUDI dan pemerintah daerah.

“SDC juga dapat menjadi rujukan bagi BLK/LPK dalam mendapatkan informasi yang akurat tentang kebutuhan pelatihan di daerah, mengakses kesempatan “On Job Training”, serta mengembangkan kerjasama atau kemitraan dalam penyediaan instruktur dan penyerapan lulusan pada dunia usaha dan industri,”ucapnya.

Gus Muhdlor juga berharap dengan adanya forum SDC ini dapat membantu pemerintah daerah dalam menangani masalah penganguran atau ketenagakerjaan. Pemerintah daerah akan memberikan  pendampingan. Begitu pula yang akan dilakukan pemerintah pusat yang akan memberikan atensi terbentuknya forum seperti ini.  Dikatakannya SDC harus dibentuk oleh, dari dan untuk daerah sebagai wujud dari komitmen daerah dengan melibatkan unsur pemerintahan dengan ruang lingkup terkecil (kecamatan/kelurahan) dan melakukan Analisis baseline data terkait. Seperti data pengangguran dan data lembaga Diklat dan dengan memperhatikan Local Wisdom.

“Karena ini juga intruksi dari bapak pesiden kita, saya harap peserta forum SDC juga harus memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia didaerah, dengan membentuk Pusat-Pusat Pengembangan Ketrampilan Daerah (Regional for Skill Development Center)  dengan Workplace sebagai ujung tombak,”harapnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali berharap agar kedepannya, forum SDC ini bisa bekerja mengidentifikasi kebutuhan industri, mengembangkan program pelatihan dan pemagangan, serta memfasilitasi sertifikasi dan penempatan tenaga kerja. Selain itu ia berharap kedepan anggota forum SDC Sidoarjo dapat mempermudah pihak-pihak terkait untuk dapat melakukan kerjasama.  Tugas dan fungsi forum SDC Sidoarjo diharapkannya juga dapat lebih efektif dan efisien.

“Terima kasih sebesar besarnya bahwa forum ini ada dengan skema dan gagasan besar bahwa kita harus membangun ekosistem yang mumpuni,”ucapnya. (Nuri)

Related posts