NEWS TICKER

2 bulan

84 Kepala Desa di Kabupaten Sidoarjo Mengikuti Pelatihan Untuk Meningkatkan Kapabilitas

30 Agustus 2022 55 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Pemkab Sidoarjo melalui Dinas PMD Menggelar Bintek bagi kepala Desa di Kabupaten Sidoaro, Senin (29/8/2022) di Singhasari Resort Batu, Malang. Bintek ini, sebagai upaya pemerintaha untuk penguatan kapasitas kepala Desa.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor yang membuka kegiatan Bintek ini memberikan apresiasi positif . Kegiatan bintek ini bukan sekedar memberikan pelatihan saja, namun penguatan dan kapabilitas bagi Kepala Desa.

“Dunia itu selalu berubah dan tantangan selalu ada, dan setiap personal yang berada di dalamnya harus survive. Ada dua tantangan yakni tantangan intern dan ekstern,”jelasnya.

Masih menurut Muhdlor, tantangan intern ini bagaimana kemudian bisa mengkonsolidasi setiap elemen yang ada di daerah (RT, RW, BPD dan lain sebagainya). Tantangan ekstern ini yang susah, karena dunia ini sekarang lebih dinamis, era digitalisasi dimana- mana, dan masyarakat cenderung lebih kritis.

Bagaimanapun juga tantangan ekstern ini memaksa kita untuk menambah kapasitas apapun yang terjadi disesuaikan dengan Undang – undangnya atau peraturan pemerintah.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sidoarjo, Mulyawan, bahwasannya pemerintah desa ini merupakan satu kesatuan terdepan dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan dalam konteks peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk menghadapi tuntutan dan tantangan di masa yang akan datang, terkait penyelengaraan pemerintahan desa, perlu dilakukan upaya peningkatan kapabilitas penyelengaraan pemerintah desa yang terencana , berkelanjutan terstruktur dan dievaluasi secara berkala.,”lanjutnya.

Penyelenggaraan pemerintahan di desa dapat menempatkan secara proporsional atas tugas, kewajiban dan kewenangan yang dimiliki dalam satu kesatuan sistem penyelenggaan pemerintah. Menjadi urusan wajib bagi pemerintah daerah dalam membina para aparatur Desa.

Peserta bintek yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 29 – 31 Agustus ini diikuti oleh 84 kepala Desa yang baru dilantik. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments