NEWS TICKER

6 bulan

Bupati Gus Muhdlor Minta Pekerja Sidoarjo Memiliki Daya Struggle Yang Kuat

17 Oktober 2022 53 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Festival Pelatihan Vokasi 2022 digelar Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas/BPVP Sidoarjo. Kegiatan yang akan berlangsung selama 5 hari di BPVP Sidoarjo tersebut dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP, Senin, (17/10/2022).

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor dalam sambutannya menekankan daya struggle atau daya berjuang yang kuat dalam dunia industri. Dikatakannya daya struggle yang kuat harus dimiliki pekerja Sidoarjo. Hal itu penting dimiliki disamping kapasitas serta keahlian atau skil. Pasalnya persaingan kerja saat ini semakin kuat.

“Jadi bukan hanya kapasitas, bukan keahlian, bukan hanya skil tapi mentalnya harus dicetak menjadi mental petarung untuk dapat memasuki dunia industri,”ucapnya.

Gus Muhdlor mengatakan daya struggle akan membentuk karakter dan budaya kerja seseorang. Bila itu dimiliki, ia yakin etos kerja yang tahan banting akan ada pada pekerja Sidoarjo. Oleh karenanya daya struggle seperti ini yang saat ini harus didorong.

“Yang pertama kali disampaikan orang tua kepada anaknya kalau mencari kerja, jangan jauh-jauh, padahal disisi lain daerah yang UMK nya rendah masuk ke Surabaya raya (Surabaya, Sidoarjo, Gresik),”ujarnya.

Gus Muhdlor juga mengatakan saat ini pemerintah dihadapkan pada tugas berat usai pendemi Covid-19. Bagaimana memulihan perekonomian yang tersayat disaat pandemi lalu harus segera dilakukan. Bangkit lebih kuat, pulih lebih cepat usai pandemi harus diwujudkan bersama. Salah satunya dengan empowering atau memberdayakan seluruh masyarakat diberbagai bidang.

“Kita punya tugas yang berat dalam rangka pemulihan ekonomi, kita harus bisa mengempowering, menggerakkan seluruh stakeholder yang ada untuk bisa menyokong program pemerintah pusat dalam pemulihan ekonomi negara,”sampainya.

Sementara itu Kepala BPVP Sidoarjo Muhammad Aiza Akbar mengatakan kegiatan Open House Festival Pelatihan Vokasi 2022 serentak dilakukan BPVP dibawah Kementerian Ketenagakerjaan RI. Event tersebut diisi oleh berbagai kegiatan.

Diantaranya job fair, pemeran pelatihan, demo pelatihan, talk show, fashion show, pemeran karya BLKK Binaan dan UPTD Binaan, parade band, donor darah, bazar UMKM, bazar Sembako murah, parade mural serta lomba mewarnai dan instagram reels competittion. Pelaksanaannya dimulai tanggal 17-21 Oktober 2022.

“Tujuan kegiatan kami ini adalah untuk memperkenalkan BPVP kepada masyarakat sehingga kedepan masyarakat akan tahu apa itu pelatihan vokasi yang tidak terbatas pada bidang-bidang tertentu,”ucapnya.

Kepala BPVP Sidoarjo Muhammad Aiza Akbar mengatakan pihaknya selalu membuka diri untuk bekerjasama dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder.  Seperti yang dilakukan dengan beberapa komunitas masyarakat dan OPD Sidoarjo. Ia berharap sinergi dan kolaborasi yang terjalin dapat terus ditingkatkan.

“Kami sudah bekerjasama dengan beberapa komunitas dan beberapa OPD yang bisa kita tingkatkan lagi,”ujarnya. (Nuri)

Related posts