NEWS TICKER

2 bulan

Bupati Sidoarjo Ajak Warga Desa Tropodo, Cangkruk’an Dan Mencari Solusi Masalah Banjir

25 Agustus 2022 55 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menggelar acara Cangkruk’an bersama warga Desa Tropodo Kecamatan Waru. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan itu yakni mencari solusi bersama menuntaskan masalah banjir di kawasan Desa Tropodo yang kerap terjadi setiap tahun tersebut, Rabu malam (25/8/2022) di Kantor Balai Desa Tropodo, Waru.

Dalam pertemuan itu, Bupati Sidoarjo mengumpulkan perangkat desa, kepala desa, camat dan OPD terkait diantaranya Plt. Kepala Dinas PU Bina Marga Sumber Daya Air Dwi Saptono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Bahrul Amig, Kepala Bappeda Heri Susanto, Dinas PU Perkim, Diskominfo, BAZNAS serta tokoh masyarakat Desa Tropodo.

“Kulo sosialisasi teng mriki ingin menyerap semua aspirasi dari masyarakat dan inshaalloh akan kita tindaklanjuti secepat mungkin terutama dalam penanganan banjir di Wilayah Desa Tropodo,” ujar Gus Muhdlor.

Bupati muda alumni Fisip Unair itu meminta masyarakat memanfaatkan acara cangkrukan sebagai tempat menyampaikan usulan dan masukan bagi pembangunan di desa. Usulan akan ditampung dan bila menyangkut kemaslahatan masyarakat segera ditindaklanjuti.

“Kalau ada masalah bisa langsung disampaikan disini dan kalau itu berkenaan dengan kemaslahatan masyarakat akan di intervensi langsung oleh kabupaten,”ucapnya.

Lewat acara cangkrukan, putra KH. Agoes Ali Masyhuri itu dapat mendengar langsung aspirasi masyarakat. Komunikasi tanpat jarak dilakukan sambil lesehan. Dialog dengan puluhan warga dan tokoh masyarakat yang berlangsung mulai pukul 20.00 wib tersebut berlangsung gayeng.

Salah satu solosinya yakni dengan membuat seribu lubang biopori. Untuk menyerap air hujan. Dalam penyelesaian banjir di desa Tropodo, Gus Muhdlor meminta komitmen warga agar mau turut serta kerja bakti. Warga pun menyambut baik dan akan mengerahkan sekitar seribu orang untuk kerjabhakti bersama.

“Dalam waktu minggu ini dinas terkait akan cek Kali Cantel dan Kali Gogoh untuk dilakukan normalisasi, Secara bertahap, bangun plengsengan kali cantel sepanjang 4 kilometer, kanan kiri dengan ketinggian dua meter,” jelas Gus Muhdlor.

Bupati alumni SMAN 4 Sidoarjo itu juga menyampaikan bahwa akan ada peningkatan jalan di Raya tropodo hingga Pasar Wadungasri untuk pembangunan beton yang akan dimulai tahun ini.

“Peningkatan modernisasi jalan melalui betonisasi Jalan Raya Tropodo hingga pasar Wadungasri sepanjang 550 meter,”ucapnya.

Kades Tropodo Khusaini juga menyampaikan keluhannya terkait banjir dibeberapa wilayah di desanya. Selain Kades Tropodo, keluhan juga datang dari beberapa Ketua RW terkait normalisasi gorong-gorong serta jalan rusak di Desa Tropodo. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments