NEWS TICKER

2 bulan

Gelar AKRS di TMP Sidoarjo, Inilah Jumlah Pejuang Kemerdekaan Yang Disemayamkan di TMP Sidoarjo

17 Agustus 2022 29 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Apel Kehormatan dan Renungan Suci/AKRS menjadi bagian dari peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI tahun 2022 ini. Kegiatan sebagai bentuk penghormatan kepada jasa-jasa para pahlawan tersebut juga digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Tepat pukul 24.00 WIB, AKRS dilaksanakan di TMP Pahlawan Sidoarjo, Selasa (16/8/2022)

Apel yang dipimpin Danlanud Muljono, Kolonel PnB Mohammad Apon diikuti oleh Forkopimda Sidoarjo. Diantaranya Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP, Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH, Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman, Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Masarum Djatilaksono, Kajari Sidoarjo Akhmad Muhdhor serta Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Sutarjo. Selain satuan TNI, Polri, apel dini hari tersebut juga diikuti pejabat Sidoarjo serta ASN Sidoarjo.

Dalam kesempatan tersebut pembacaan teks AKRS dilakukan Danlanud Muljono, Kolonel PnB Mohammad Apon. Suasana jalannya AKRS malam kemarin terasa sangat khidmat. Suasana hening dicapai saat seluruh lampu makam dimatikan. Hanya dua obor yang dipegang dua prajurit TNI yang menjadi penerangnya. Ditambah lantunan iringan suara Korsik menjadikan semua peserta apel tenggelam dalam nafas heroik dari para pahlawan yang telah gugur memperebutkan kemerdekaan RI.

Dalam kesempatan tersebut Danlanud Muljono, Kolonel PnB Mohammad Apon menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan, kesucian pengorbanan para pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan bangsa dan negara. Diucapkannya juga bahwa seluruhnya bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan akan menjadi perjuangan yang harus diteruskan bersama.

Dalam kesempatan tersebut disebutkan bahwa terdapat 793 orang anggota TNI, 127 orang anggota Polri serta 5 orang PNS dan 270 orang pahlawan tidak dikenal disemayamkan di TMP tersebut. Salah satunya termasuk Bupati Sidoarjo R. Suriadi Kertosuprojo yang menjabat di tahun 1950-1958. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments