NEWS TICKER

4 bulan

Ini Pesan Anggota AWDI Kabupaten Sidoarjo: Terkait Viralnya Prilaku Siswa Kurang Sopan di Depan Polisi

22 November 2022 42 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Dunia pendidikan di Kabupaten Sidoarjo di gegerkan di sosmed siswa SMP bicara kurang sopan ke petugas Polisi saat di tegur mengendarai motor tidak pake helem.

Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) Kabupaten Sidoarjo, Moch Kudori alias Giso sapaannya khususnya di Bidang Pemberdayaan dan Pendidikan dirinya angkat bicara mengenai viralnya vidio di sosmed.

“Dikesiplinan sangatlah penting apa lagi dilingkungan sekolah, mengingatkan menegur siswa yang berkata kurang sopan. Baik saat mengajar maupun di luar jam belajar. Menurutnya, hal itu sangatlah penting agar siswa selalu berhati-hati dalam berbicara, bicara kepada teman, guru dan orang tua di rumah, mudah-mudahan peristiwa seperti ini tidak ada lagi di Kabupaten Sidoarjo, “kata Giso, Selasa (22/11/2022)

“lebih lanjut Giso menambahkan, saat ini kita sering jumpai di warkop maupun di jalan, adek – adek kita berkata dengan bahasa yang kurang pantas, nada keras dan kurang sopan. Kita sebagai organisasi AWDI di Kabupaten Sidoarjo di bidang pendidik sangatlah menyayangkan, kita harus turut serta mengawal dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Sidoarjo khususnya, kalau ada adek – adek kita yang kurang sopan nada bicaranya kita jangan segan – segan menegurnya,” jelasnya.

 

Di tempat berbeda, Ibu Ana ketua AWDI Kabupaten Sidoarjo menyampaikan, mudah – mudahan peristiwa seperti itu tidak ada lagi. Peran kita sebagai organisasi tidak tinggal dian, kita harus ikut serta mengingatkan juga memberikan teguran supaya ahklak bagi siswa nantinya, para siswa selalu berkata sopan, menyampaikan kalimat secara santun dan mengeluarkan kalimat-kalimat yang baik,” jelas Ana Ketua AWDI.

Ana juga berpesan, adek – adek siswa – siswi yang ada di Kabupaten Sidoarjo mulai sekarang tata krama yang baik terhadap teman maupun guru.

“Kita tidak boleh mengangkat suara atau bertingkah tidak sopan saat berhadapan dengan guru, siswa harus ingat dan melaksankan nasihat baik dari guru, siswa tidak boleh melemparkan cercaan atau hinaan kepada teman terlebih kepada guru dan orang tua.

“Sekali lagi dirinya meminta Dinas pendidikan Kabupaten Sidoarjo dan para guru harus selalu mengingatkan siswa yang berbuat salah dan suka bertutur kata kurang sopan. Jangan dibiarkan atau cuek karena itu akan menjadi kebiasaan yang buruk jika dibiarkan,” pungkas Ana. (Bud/Nur)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments