NEWS TICKER

4 bulan

Komda Lansia Sidoarjo Peringati Hari Lansia Nasional dan Internasional Tahun 2022

1 November 2022 55 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Komda Lansia Sidoarjo memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 sekaligus Hari Lanjut Usia Internasional, Selasa (1/11/2022) di Kantor Sekretariat Komda Lansia Sidoarjo. Peringatan itu dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo H.Subandi serta Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Feny Apridawati dan Kepala Dinas Sosial Sidoarjo Misbahul Munir.

Tema HLUN yang diambil tahun ini yakni “Lansia Sehat Indonesia Kuat” dengan subtema “Dengan Meningkatkan Peran Serta Karang Werdha dalam Upaya Menggelorakan Fungsi Sosial Budaya Ekonomi Kreatif”.

Tema tersebut dapat dimaknai  bahwa Pemerintah Kabupaten Sidoarjo saat ini terus meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan segala bidang. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus mengajak masyarakat Lanjut Usia yang tergabung dalam Komda Lansia Kabupaten maupun Kecamatan serta para Karang Werdah untuk bangkit dalam sektor sosial budaya dan ikut lebih mendukung UMKM.

Wakil Bupati H. Subandi meminta kepada seluruh pengurus Komda Lansia Sidoarjo dan Kecamatan agar meningkatkan pembinaan terhadap para Lansia yang tergabung melalui wadah Karang Wardah. Dengan begitu akan terwujud peningkatan usia harapan hidup bagi para Lansia yang pada akhirnya meningkatkan perbaikan kualitas kesehatan secara lahir dan bathin.

“Saya sampaikan Selamat Hari Lanjut Usia Nasional dan Internasional Kabupaten Sidoarjo Tahun 2022, semoga para Lansia melalui wadah karang werda selalu sehat, panjang umur  mendapatkan perlindungan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya sehingga tasyakuran ini dapat terselenggara, atas nama Pimpinan Daerah juga selaku pimpinan Komda Lansia, saya cukup bangga melihat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para Lansia dalam wadah Karang werdha,”ucapnya

Wabup yang akrab dipanggil Abah Subandi menambahkan bahwa pada kesempatan ini ia mengajak beberapa pimpinan OPD agar lebih perhatian pada Lansia. Khususnya perhatian dalam masalah anggaran untuk mendukung kegiatan Lansia Sidoarjo.

Dengan begitu kegiatan yang diselenggaran dapat berjalan dengan baik. Sehingga para  Lansia nantinya betul-betul bisa memanfaatkan hari tuanya dengan bahagia.

“Pada  anggaran tahun 2023 nanti semoga sesuai dengan perencanaan agar bisa dimanfaatkan betul untuk kegiatan-kegiatan dikecamatan agar bisa lebih aktif lagi,”sampainya.

Dalam kesempatan itu Abah Subandi juga menyinggung jaminan kesehatan BPJS bagi Lansia.  Diharapakannya tidak ada masalah lagi. Jika masih ada masalah untuk segera melaporkan atau menghubungi dinas terkait  khususnya Dinas Kesehatan.

Ia tidak berharap ada warga Sidoarjo khususnya yang tercover dalam BPJS kelas 3 susah mendapatkan fasilitas kesehatan gratis. Apalagi kalau dialami para Lansia. Pasalnya layanan kesehatan gratis bagi masyarakat kecil menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Pada Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial saya titip ibu dan bapak, barangkali nanti ada yang sakit atau ke rumah sakit harus benar-benar dilayani dan difasilitasi dengan baik sehingga jangan sampai usia sudah lanjut ketika masuk rumah sakit pelayanannya kurang begitu baik,” pungkasnya. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments