NEWS TICKER

2 bulan

Lagi-lagi Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo Diapresiasi Lembaga Pemerintah Lainnya

20 Juli 2022 77 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Deputi Koordinasi Peningkatan Pelayanan Publik Kementerian Koordinasi Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sidoarjo, Rabu pagi (20/7/2022).

Kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Asisten Deputi Koordinasi Peningkatan Pelayanan Publik Kemenko Polhukam Drs Agung Pratistho, M.Si tersebut untuk melihat langsung pelayanan publik yang dilakukan Pemkab Sidoarjo selama ini.

Kedatangan Agung Pratistho yang didampingi Kepala Bidang Peningkatan Pelayanan Barang dan Jasa Kemenko Polhukam Kolonel Adm. Dedy Hendra Effendi dan beberapa staf tersebut diterima Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo Drs. Achmad Zaini, MM di Mall Pelayanan Publik Sidoarjo Jalan Lingkar Timur.

Asisten Administrasi Umum Achmad Zaini berharap pertemuan seperti ini akan mampu memberikan manfaat dalam menyempurnakan kelembagaan maupun kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo. Dikatakannya Kabupaten Sidoarjo memiliki berbagai inovasi pelayanan publik. Salah satunya aplikasi Sipraja (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) yang menjadi wadah bagi aplikasi lainnya.

“Pemkab Sidoarjo telah meluncurkan Aplikasi Sipraja pada tanggal 25 September 2019 yang memperoleh TOP 99 KIPP di Tahun 2022,”ucapnya.

Masih dikatakan Zaini, aplikasi Sipraja mengintegrasikan pelayanan administrasi desa/kelurahan, kecamatan, instansi pemerintah daerah, instansi vertical, BHMN, BUMN dan BUMD di Kabupaten Sidoarjo. Lewat aplikasi tersebut masyarakat memiliki alternatif prosedur pelayanan secara online.

“Sipraja telah memperoleh TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB dan didorong menjadi MPP Virtual pertama di Indonesia, sehingga mampu mempermudah pelayanan publik di tengah kondisi pandemi Covid-19,” katanya.

Zaini juga menyampaikan inovasi pelayanan publik Sidoarjo juga didukung dengan keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo. Bahkan MPP Sidoarjo tidak terpusat ditengah kota saja. Namun Pemkab Sidoarjo juga telah mengembangkan mini MPP yang berada di Kecamatan Sukodono. Pelayanan publik melalui MMP tersebut akan didorong menjadi MPP Virtual pertama di Indonesia sehingga mampu mempermudah pelayanan publik di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Tidak hanya MPP, Kabupaten Sidoarjo juga telah memiliki mini MPP yang berada di Kecamatan Sukodono dan juga telah beroperasi sejak diresmikan oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kemenpan dan RB pada tanggal 10 September 2020 lalu,”katanya.

Melihat hal itu, Asisten Deputi Agung Pratistho mengapresiasi kinerja Pemkab Sidoarjo dalam memfasilitasi dan memberikan inovasi terkait dengan pelayanan secara online pada masa Covid-19. Langkah-langkah Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memberikan
kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat menurutnya patut diacungi jempol.

“Saya mengapresi capaian dan juga langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo khususnya kepada masyarakat dalam memberikan kemudahan dalam pelayanan,” ujarnya.

Oleh karena itu Agung mengungkapkan kebahagiaannya berkunjung ke Sidoarjo. Dengan melihat langsung dan sharing terkait pelayanan publik akan dijadikan data empirik yang selanjutnya akan dikoordinasikan kepimpinan.

“Dari data sharing informasi dan juga data empirik yang kami lakukan, tentu ini menjadi dasar kami untuk laporan terutama apabila ada hal-hal yang perlu dikoordinasikan sehingga mampu memberikan langkah yang strategis kedepannya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Asisten Deputi Koordinasi Peningkatan Pelayanan Publik Kemenko Polhukam didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Sidoarjo Achmad Zaini berkesempatan meninjau langsung proses pelayanan di masing-masing loket MPP Sidoarjo. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments