NEWS TICKER

2 bulan

Pemerintah Desa Pacul Beserta Masyarakat Adakan Sedekah Bumi Dan Tayuban

20 Agustus 2022 16 KALI DILIHAT

BOJONEGORO, MediaSorotMata.com – Dalam rangka mengingatkan kita pada nikmat sang pencipta, pemerintah desa pacul bersama masyarakat setempat adakan sedekah bumi yang di laksanakan di makam desa dan Tayuban di balai desa setempat, Jum’at (19/8/2022).

Bertempat di balai desa Pacul kecamatan kota Bojonegoro, kesenian Budoyo Jowo Langen Tayub di adakan untuk mempertahankan nguri uri budaya jawi melestarikan kesenian para leluhur, di cerita kan salah satu sesepuh desa di lokasi Tayuban tersebut, kegiatan serupa di lakukan setiap tahun, pada Jumat pahing pada bulan syuro (penanggalan Jawa).

Kesenian Jawi Langen Tayub dengan waranggono Lina dari kecamatan Ngasem dan Karniyati dari singgahan kabupaten tuban, serta karawitan Kencono Laras dari kecamatan Parengan ini menghipnotis masyarakat desa pacul dan ratusan tamu dari luar desa, hingga acara tengah malam para tamu pun masih mengikuti kegiatan tersebut dengan hikmat.

Hadir dalam acara tersebut pemerintah desa pacul bersama perangkat dan masyarakat desa setempat serta para tamu undangan, Babinsa, babinkamtibmas, juga ikut hadir untuk menjaga keamanan dan ketertiban atas terselenggaranya acara tersebut.

Acara yang di mulai pukul 19.00 wib ini di kendalikan oleh MC lokal cak gentho, dengan demikian acara berjalan dengan baik sampai akhir, lancar tanpa ada kendala apapun, sehingga para tamu menikmati kesenian tersebut dengan enjoy, tak lupa ucapan terima kasih dari kepala desa atas kehadiran dan penghormatannya.,” tandasnya. (Jal)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments