NEWS TICKER

6 bulan

Pemkab Sidoarjo Bentuk Ibu-Ibu Hebat Lulusan SOTH

22 Desember 2022 30 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Peringatan Hari Ibu ke 94 tahun 2022 digelar Pemkab Sidoarjo  dengan berbagai kegiatan dipendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Rabu (21/12/2022). Diantaranya talk show kesehatan, launching majalah PKK Delta, pemberian bantuan kepada 12 janda tidak mampu dari Baznas Sidoarjo serta pameran produk UMKM perempuan Sidoarjo.

Dalam kesempatan tersebut juga digelar wisuda angkatan pertama Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) kepada Bina Keluarga Balita (BKB) Villa Jasmine Desa Suko Kecamatan Sidoarjo. Terdapat 30 orang ibu hebat yang diwisuda. Mereka berhasil lulus setelah 3 bulan lamanya digembleng ilmu parenting oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana/DP3KB Sidoarjo serta TP-PKK Sidoarjo dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Tidak hanya ilmu parenting saja, namun ilmu ekonomi keluarga, ketahanan keluarga maupun ilmu gizi anak mencegah stunting juga diberikan. Prosesi wisuda sendiri dilakukan Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor, S. Hum yang didampingi Kepala DP3KB Sidoarjo dr. Syaf Satriawarman dan Kaprodi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Widyastuti M.Psi. Psikolog.

Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor mengatakan menjadi seorang ibu tidaklah mudah. Butuh ilmu untuk dapat menjadi ibu hebat bagi anak-anaknya. Oleh karenanya Pemkab Sidoarjo lewat DP3KB Sidoarjo bersama TP.PKK Sidoarjo menggagas SOTH.

“Tugas menjadi ibu tidaklah mudah, butuh ilmu, butuh edukasi untuk mendidik buah hati kita agar mereka menjadi generasi berkualitas untuk bangsa,”ucapnya.

Perempuan yang akrab dipanggil Ning Sasha tersebut mengatakan SOTH Villa Jasmine menjadi percontohan SOTH lainnya. Nantinya ditiap desa akan diselenggarakan SOTH serupa. Untuk tahun ini masih satu desa. Kemungkinan ditahun depan SOTH akan ditambah.

“Karena ini juga intruksi dari BKKBN Jawa Timur, maka program ini akan kita lakukan secara rutin, sebagai percontohan tahun ini satu desa, inshaalloh tahun depan dua desa, kami harapkan setiap tahun semakin banyak,”harapnya.

Ning Sasha juga mengatakan seorang ibu memiliki tanggung jawab mencetak generasi hebat penerus bangsa. Menurutnya generasi berkualitas lahir dari ibu-ibu hebat dalam mendidik buah hatinya. Oleh karenanya peran ibu sangat dibutuhkan untuk melahirkan generasi hebat. Ia berharap ibu-ibu hebat lulusan SOTH tersebut dapat menularkan ilmunya kepada ibu lainnya. Dengan begitu akan lahir semakin banyak generasi hebat tanah air.

“Tanggung jawab mencetak generasi penerus bangsa yang hebat dan berkualitas itu memang sekian persennya itu tergantung peran ibu dirumah, maka dari itu ada Sekolah Orang Tua Hebat,”ucapnya. (Nuri)

Related posts