NEWS TICKER

2 bulan

Pemkab Sidoarjo Sinergi Dengan USAID Bangun Sistem Tatakelola Pelayanan Publik Yang Efektif, Efisien dan Kuat

14 September 2022 97 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MefiaSorotNata.com – Pemkab Sidoarjo terus berbenah dalam menata dan meningkatkan pelayanan publiknya. Hal itu dilakukan karena Pemkab Sidoarjo komitmen menjaga dan meningkatkan pelayanan publik yang prima. Seperti dengan menggelar Lokakarya Peningkatan Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo di Hotel Swiss Bell Inn Malang, Selasa (13/9/2022).

Lokakarya digelar selama dua hari mulai tanggal 13-14 September 2022 dengan peserta 105 ASN perwakilan OPD, kecamatan, kelurahan, Puskesmas serta RSUD Sidoarjo dan RSUD Sidoarjo Barat.

Kegiatan yang diinisiasi Pemkab Sidoarjo lewat Bagian Organisasi itu mengajak sinergi organisasi internasional Amerika USAID lewat programnya, USAID Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat, atau yang disingkat USAID ERAT.

Lokakarya peningkatan kinerja pelayanan publik melalui peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum Setdakab Sidoarjo drs. Ahmad Zaini MM.

Dalam sambutannya, Ahmad Zaini mengatakan, pelayanan publik di Pemkab Sidoarjo secara umum baik dan sudah diakui pemerintah pusat. Namun ia minta itu tidak menjadikan ASN berpuas diri. Pelayanan publik yang prima harus selalu dihadirkan kepada masyarakat.

“Pelayanan publik di Sidoarjo sudah bagus, sudah prima tapi kita harus terus berinovasi, kita tidak boleh berpuas diri dengan capain ini,”ucapnya.

Ahmad Zaini berharap inovasi-inovasi pelayanan publik ditelurkan para ASN dengan produktif. Dengan terus mengembangkan inovasi, ia yakin standart pelayanan publik di Sidoarjo semakin meningkat. Standart pelayanan publik prima yang diminta Kemenpan RB serta pelayanan publik menuju zona hijau, seperti yang diharapkan Ombudsman untuk bisa hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Cari inovasi lain agar pelayanan publik kita semakin meningkat, harus ada lompatan dari kabupaten lain, gali pengalaman dari kabupaten lain, dan harus selalu ada penyesuaian terhadap pelayanan publik yang kita berikan kepada masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu Koordinator Provinsi USAID ERAT, Dina Limanto mengatakan, program kerja sama USAID ERAT adalah upaya untuk membenahi dan memantapkan tata kelola pemerintahan daerah. Lewat kerjasama seperti ini diharapkan pemerintah daerah dapat memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat. Untuk itu ia meminta dukungan semua pihak agar pelayanan publik meningkat.

“Mari bersama-sama meningkatkan kualitas pelayanan publik yang ada di unit kerja kita masing-masing,”pintanya.

Ia berharap melalui lokakarya seperti ini akan memperkuat komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi di antara semua tingkatan pemerintahan. Selain itu akan diperoleh informasi untuk merencanakan pelayanan publik yang efektif.

“Kegiatan ini bisa menjadi pencerahan dan perbaikan terhadap peningkatan pemenuhan standar pelayanan publik. Selain itu meningkatan penilaian kepatuhan terhadap pemenuhan standar pelayanan publik,”ujarnya.

Dalam lokakarya tersebut menghadirkan anggota DPRD Sidoarjo M. Dhamroni Khudlori serta Kepala Biro Organisasi Setdaprov Jatim Dr. Ramliyanto sebagai narasumber. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments