NEWS TICKER

4 bulan

Peringati HKN ke 58 Pemkab Sidoarjo Melakukan Upacara Dan Gelar Talkshow Kesehatan

19 November 2022 50 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Hari Kesehatan Nasional/HKN ke 58 diperingati Kabupaten Sidoarjo dengan upacara di alun-alun Sidoarjo Sabtu (19/11/2022). Selain itu juga digelar Talkshow kesehatan dengan mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”di pendopo Delta Wibawa. Tema tersebut dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara bersama bahu-membahu bergotong-royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi Covid-19 sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

Pj.Sekda Kab.Sidoarjo Andjar Soerjadianto sebagai pembina upacara membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI yang diantaranya berisi tentang bagaimana bisa bersama keluar dari ujian dengan krisis kesehatan akibat  pandemi Covid-19 yang dihadapi seluruh dunia dan Indonesia sebagai salah satu negara yang mampu menghadapi krisis global ini dan termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 sampai masuk pada lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak didunia dengan total 442 juta dosis telah disuntikkan.

Namun disini jangan sampai lengah dengan tetap mengedepankan Prokes dan vaksinasi karena sejak Oktober 2022 telah kembali terdeteksi ada kenaikan kembali Covid-19 dinama dalam data kematian menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal balum vaksinasi booster, proporsi pasien meninggal 3 kali lebih banyak pada kelompok Lansia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Talkshow yang menghadirkan beberapa narasumber yakni Prof.Dr..dr.S.Ugroseno Y,B,Sp.PD-KHOM dar dr.Soetomo Surabaya, Prof Soegeng Waluyo, drg.M.kes,Sp.KGA, KK dari Universitas Airlangga dan dr.Ninis Herlina Kiranasari Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Prov.Jatim. Pada kesempatan ini Pj Sekda juga menyampaikan sambutannya bahwa hakikatnya dalam setiap waktu manusia harus bisa mengikuti perubahan yang ada seperti pada peringatan HKN kali ini dengan rangkaian kegiatan yang mulai dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu dimana pada umumnya ini berkaitan pada pencegahan maupun mengupayakan agar bisa hidup secara sehat secara umum biasanya bagaimana mengobati secara efektif tetapi  kadang lupa bagimana cara menjaga kesehatan agar tidak sakit ini yang harusnya mengubah arah berfikir kearah sana istilahnya kesehatannya mencegah secara preventif dan promotif yang dilakukan oleh teman-teman dari Puskesmas mari ditingkatkan.

“Pada kesempatan ini selain pemberian penghargaan lomba kelompok asuhan mandiri dimana itu merupakan salah satu kegiatan dalam rangka agar jangan selalu bergantung pada obat, sadar keehatan dikala sakit tetapi diawal ketika kita diberi kesehatan kita jaga dengan berolah raga istirahat yang cukup asupan gizi yang cukup juga. Saya selalu mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan memposting IG dimana saya sedang berolahraga untuk mengajak siapa saja hidup sehat dengan berolah raga”katanya.

Beliau menambahkan bahwa dengan memperingati hari kesehatan nasional ini maka akan timbul kesadaran bahwa nikmat sehat yang diberikan ini cukup luar biasa, dengan ikhtiar memperinhgati hari kesehatan ini semua akan sadar, akan menjaga kesehatan dan selanjutkan akan lebih rajin lagi untuk menjaga kesehatan baik bagi diri kita sendiri maupun keluarga.

Dalam kesempatan ini pula diserahkan reward pelaksanaan ANC Standart dalam Si Cantik di Fasyankes yang diterima dr. Diana Libriawati Soepardjo selaku kepala Puskesmas Taman kemudian disampaikan pula Juara Lomba Kelompok Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga dan Akupresur Kabupaten Sidoarjo Tahun 2022 yang dimenangkan oleh Didik widoyoko S.Sos MSI selaku Camat Tulangan selain itu diterimakan juga penghargaan kepada Kelompok Asuhan Mandiri yang telah menjadi juara III Kelompok Penilaian Asman Toga Akupresure dan Akupuntur tingkat Provinsi Jawa Timur.

Kemudian diberikan pula  penghargaan kepada perusahaan yang telah menerapkan Program Gerakan Pekerja Perempuan Sehat dan Produktif (GP2SP) di Kabupaten Sidoarjo kepada Elok Agustin sebagai kepala CSR departemen Pabrik Kertas PT. Tjiwi Kimia Tbk selain itu juga diberikan penghargaan Sentra Pangan Jajanan atau Kantin atau sejenisnya yang memenuhi syarat higienis pertamanya diraih oleh PT Woodone Integra.

Juara 1 Nakes Teladan Nasional Jenis Tenaga Promkes kategori Rumah Sakit diraih oleh Febrina Juwita Sari SKM, juara 1 Nakes Teladan Nasional Pemanfaatan Tanaman Toga Obat Keluarga dan Akupresur Kabupaten Sidoarjo bidang Kesehatan Jiwa Kategori Perorangan Ns. Sri ngesthiningtyas Amd.keb serta juara 1 Nakes Teladan Provinsi Jawa Timur Jenis Tenaga Kefarmasian kategori Puskesmas Anggi Nurindah Hanum Amd.far. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments