NEWS TICKER

2 bulan

Pimpin Apel Besar Hari Pramuka Ke-61, Ini Pesan Bupati Gus Muhdlor Untuk Pemuda Sidoarjo

14 Agustus 2022 67 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP, yang juga Ketua Mabicab Kabupaten Sidoarjo menjadi pembina upacara pelaksanaan apel besar peringatan Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 yang berlangsung di alun-alun Sidoarjo, Minggu (14/8/2022) pagi.

Apel Besar Hari Pramuka Ke 61 di ikuti seluruh peserta Pramuka Siaga-Penggalang seluruh Kabupaten Sidoarjo, mengusung tema nasional “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

Bupati Sidoarjo Kak Muhdlor dalam kesempatan ini membacakan sambutan ketua kwarnas Gerakan Pramuka mengatakan, pembinaan dan pengembangan generasi muda merupakan hal penting karena generasi muda merupakan generasi pelanjut perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Sejak dibentuknya Pramuka telah menjadi salah satu gerakan pemuda yang sangat penting untuk membangun human character building atau pendidikan karakter.

“Pramuka akan membentuk kaum muda dengan sosok yang ideal yakni beriman, bertanggungjawab, amanah, toleran, terampil, mandiri, patriot, peduli terhadap sesama, dan berbudi pekerti luhur,” ujarnya.

Tahun ini Kita diberikan kesempatan untuk dapat kembali melaksanakan upacara HUT Gerakan Pramuka serta kegiatan bumi perkemahan dan aplikasi galang untuk tingkat siaga dan penggalang setelah hampir 2 tahun lebih tidak Kita laksanakan akibat adanya Covid-19.

Saya berharap Adik-adikku semua terus semangat dalam menjalani kegiatan Hari Pramuka ke-61 dari awal hingga akhir. Tetap sportif dalam setiap rangkaian acara. Saya yakin kalian semua adalah generasi muda Indonesia yang unggul, hebat, dan kreatif. Ingatlah selalu hymne Pramuka, yang selalu menjadikan Pancasila sebagai dasar dalam bersikap dan bertindak. Teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif.

“Tujuan dari kegiatan Pramuka itu sendiri sangatlah mulia yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan Pramuka yang sesuai dengan norma norma masyarakat yang berlaku,” kata Muhdlor.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sejak dulu selalu mendukung kegiatan pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka sebagai wadah untuk para pemuda berkarya dan berkreasi. Pemerintah menyakini gerakan Pramuka masih relevan untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik masa depan.

Kak Muhdlor mengatakan, sesuai laporan Ketua Kwarcab Kabupaten Sidoarjo bahwa kita mengutus Pramuka Penggalang sebanyak 8 orang putra dan 8 orang putri yang akan mewakili Kabupaten Sidoarjo dalam Jambore Nasional XI Tahun 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Sekaligus Majelis Pembimbing Cabang Kwarcab Sidoarjo mengucapkan selamat kepada adik-adik yang mengikuti Jamnas XI, semoga dapat menginspirasi dan memotivasi pramuka-pramuka yang lain dan yang utama bisa menjadi contoh dimanapun berada.

“Saya ucapkan selamat kepada adik-adik yang akan mewakili Kabupaten Sidoarjo dalam kegiatan Jambore Nasional XI di Cibubur. Jagalah nama baik kabupaten kita, di pundak kalian kami titip harapan untuk mengharumkan nama baik Kabupaten Sidoarjo Dan kepada semua pihak yang telah berkontribusi, saya selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pihak dalam mempersiapkan kontingen Jambore Nasional Kabupaten Sidoarjo,” tutur Gus Muhdlor.

Pada kesempatan sama, Ahmad Muhdlor menyematkan Penghargaan Lencana Pancawarsa sebagai penghargaan kepada anggota pramuka dewasa dan tingkat Pembina yang telah mengabdikan dirinya untuk pramuka, Dari 3 anggota yang mendapatkan lencana tersebut di antaranya adalah mantan Wakil Bupati Sidoarjo,Kak H MG Hadi Sutjipto, SH., MM mendapat lencana Pancawarsa VII, penghargaan diberikan atas pengabdiannya selama 35 tahun. Dan Penghargaan Kehumasan Pramuka untuk Kwartir Ranting dan Gugus Depan, dilanjutkan Penyerahan piala kejuaraan lomba dalam rangka hari Pramuka ke 61 tahun 2022.

Dalam apel besar Peringatan Hari Pramuka Ke-61 turut dimeriahkan pertunjukan Semaphore dance dari SMKN 2 Buduran, PBB Polisi Cilik dari MI Krian, dan Drumband dari SMA Hangtuah 5 Candi. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments