NEWS TICKER

6 bulan

Terkait Laporan Warga Adanya Penumpukan Sampah di Sungai, Wakil Bupati Langsung Sidak 

13 Januari 2023 129 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Wakil Bupati H. Subandi SH tanggapi laporan warga melalui Medsos terkait tumpukan sampah di sungai yang berada di Desa Sumberejo Kecamatan Wonoayu. Menurut pelapor sudah 5 tahun ini sampah disungai itu tidak tertangani. Oleh karenanya Wabup H. Subandi lakukan Sidaknya kesungai yang berada di RT.14 RW 05 tersebut, Jumat (13/1/2023).

Wabup H. Subandi mengatakan laporan seperti ini akan selalu ditindaklanjuti Pemkab Sidoarjo dengan cepat. Ia akan turun langsung meninjau lokasi. Ia katakan sebagai pimpinan daerah harus bergerak cepat dalam merespon setiap permasalahan yang terjadi dimasyarakat.

Begitu pula sebaliknya, Pemerintah Kecamatan dan desa juga harus bertindak cepat dalam merespon permasalahan diwilayahnya. Harus ada koordinasi dengan masyarakat dan dinas lainnya. Seperti dalam menyelesaikan permasalahan seperti ini. Harus dikoordinasikan dengan dinas terkait seperti dinas PU Bina Marga dan SDA maupun DLHK terkait perawatan sungai.

“Karena seperti yang terlihat sekarang ini jelas sangat mengganggu, apalagi dengan perawatan sungai yang kurang akan jelas menyebabkan masalah pada lingkungan seperti banjir dan kurang maksimalnya fungsi sungai yang digunakan sebagai pengairan pertanian,”ucapnya.

Ia mengajak Kepala Desa dan juga Camat untuk bersama-sama memelihara lingkungannya tetap bersih. Dikatakannya menjaga kebersihan tidak hanya dapat dilakukan Pemerintah Daerah saja. Namun peran serta Camat dan Kepala Desa sangat penting. Seperti halnya menjaga kebersihan sungainya masing-masing.

“Ayo kita bersama-sama membenahi lingkungan kita khususnya terkait masalah pembenahan sungai yang bebas dari sampah agar manfaat sungai betul-betul bisa dirasakan,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu Wabup H. Subandi meminta sampah sungai tersebut segera dibersihkan. Alat keruk dan mobil pengangkut sampah dimintanya segera disiapkan. Setelah dibersihkan, ia meminta masyarakat menjaga lingkungannya dengan baik agar tidak terjadi lagi penumpukan sampah disungai.

“Saya mohon setelah sampah sungai ini dibersihkan, seluruh masyarakat dapat menjaganya, jangan membuang sampah sembarangan, apalagi disungai yang dapat mengakibatkan banjir,”. (Nuri)

Related posts