NEWS TICKER

2 bulan

Bupati Ponorogo Hadiri Penyerahan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2022

, 30 November 2021 4 KALI DILIHAT

PONOROGO, MediaSorotMata.com – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menghadiri Penyerahan Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran (TA) 2022 secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo Agus Pramono, Kepala BPPKAD Agus Sugiharto, dan Asisten Ekonomi Pembangunan Hendry Indra Wardhana menghadiri secara virtual di ruang kerja Bupati Ponorogo, Senin (29/11/2021).

Dalam arahan Presiden Joko Widodo mengatakan DIPA dan daftar alokasi TKDD merupakan APBN yang sangat penting untuk menjadi acuan bagi para menteri, pimpinan lembaga, hingga kepala daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolabiratif untuk tingkat kesejahteraan masyarakat.

“melalui inovasi dan cara kerja baru dimasa pendemi, Pemerintah tetap dapat melaksanakan tugas kenegaraan dan memberikan pelayanan dengan baik serta tepat waktu, termasuk prosesi penyerahan DIPA yang dilakukan lebih awal sebelum waktu pelaksanaan APBN,” Ungkapnya.

Presiden Joko Widodo menjelaskan untuk APBN tahun 2022 memiliki peran sentral dalam mendorong kebangkitan ekonomi nasional dan mendukung reformasi struktural.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi juga mengingatkan agar fokus pada enam kebijakan utama. Pertama melanjutkan pengendaliaan covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan. Kedua, menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu dan rentan. Ketiga, peningkatan SDM yang unggul. Keempat, melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi. Kelima, penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antardaerah. Terakhir, melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero-based budgeting agar belanja lebih efisien.

“Di tahun 2022 nanti kita tetap harus mempersiapkan diri mengadapi resiko pandemi covid-19 yang masih membayangi dunia dan Negara Kita. Pelaksanaan dan perencanaan program dibidang kesehatan dan perekonomian harus menjadi basis kita,” Pungkasnya. (Man)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments