Bupati Sidoarjo Targetkan 400 Warung Rakyat Direnovasi Untuk Perkuat Ekonomi Mikro

5 Juni 2023 68 KALI DILIHAT

SIDOARJO//MediaSorotMata.com – Warung Rakyat Direnovasi kembali dibuka untuk tahun 2023.Warung Rakyat Direnovasi ini menjadi salah satu dari tujuh belas program pokok Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan Wakil Bupati Sidoarjo Subandi yang masuk pada anggaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021 hingga tahun 2026 yakni sebanyak 2.000 warung direnovasi.

“Sehingga, per tahun ditargetkan 400 warung direnovasi. Jumlah tersebut telah terealisasi sebanyak 393 warung direnovasi di tahun 2022,” kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat membuka acara Sosialisasi Program Warung Rakyat Direnovasi Tahun Anggaran 2023 di Hotel Luminor Sidoarjo, Senin (5/6/2023).

Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Gus Muhdlor ini mengatakan program warung direnovasi tahun 2023 ini, diharapkan mampu menjaring sebanyak 400 warung. Untuk dapat mencapai target, mekanisme tahun 2023 ini berbeda dengan tahun 2022 lalu.

“Belajar dari tak sesuainya target selisih 7 warung yang direnovasi dari target 400 warung hanya mencapai 393 warung direnovasi, maka tahun 2022 ini kami ganti mekanisme menjadi mekanisme swakelola atau melibatkan kelompok masyarakat (pokmas) setempat untuk realisasinya, sedangkan tahun lalu kami menggunakan sistem lelang yang mana terpotong 10 persen untuk pajak,” ujar Gus Muhdlor.

Gus Muhdlor yang merupakan alumnus Fisip Unair juga berharap dengan adanya program warung rakyat direnovasi ini mampu menjadikan retail tradisional atau toko kelontong mampu tetap survive (bertahan) dengan gempuran banyaknya retail modern yang tersebar di banyak daerah.

“Kuncinya adalah saya ingin retail tradisional atau toko kelontong di Sidoarjo ini harus tahan banting, meningkatkan etos kerjanya dan semangatnya, sehingga tidak mudah tersaingi dengan retail modern. Ditambah lagi, saya harapkan toko kelontong memiliki effort (upaya) ekstra,” katanya.

Ia menambahkan, Program Warung Rakyat direnovasi ini menjadi salah satu upaya agar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidoarjo pada umumnya, dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat Sidoarjo pada khusunya.

“Mulai saat ini toko kelontong harus memberikan daya tawar yang lebih, pelayanan yang lebih dibandingkan toko modern. Saya juga terus fokus untuk memperkuat ekonomi mikro sebab jauh lebih penting dibandingkan ekonomi makro. Sebab dengan menyentuh langsung wong cilik ini, banyak memberikan efek domino yaitu perputaran uang yang hanya di Sidoarjo saja,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo, Mohamad Edi Kurniadi mengatakan target Warung Rakyat Direnovasi tahun 2023 adalah sebanyak 400 warung dengan sasaran sebanyak 6 (enam) Kecamatan yaitu Kecamatanm Buduran, kecamatan Gedangan, Kecamatan Waru, Kecamatan Taman, Kecamatan Wonoayu, dan Kecamatan Balongbendo.

“Kami harap dengan skema yang berbeda tahun ini, bisa menjaring sesuai target yaitu 400 warung rakyat yang akan direnovasi. Selain itu sasaran warung yang akan di renovasi adalah warung makanan, warung minuman, dan warung kelontong,” jelas Edi.

Sosialisasi Warung rakyat direnovasi ini juga dihadiri oleh Forkopimda, OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Camat seluruh Sidoarjo, dan Perwakilan Kasi Perekonomian di 18 Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. (Nuri)

Related posts

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *