NEWS TICKER

2 bulan

Desa Pandankrajan, Mojokerto Adakan Tradisi Sedekah Bumi

7 November 2021 45 KALI DILIHAT

MOJOKERTO, MediaSorotMata.com – Ritual atau tradisi yang masih melekat turun temurun yang di gelar oleh warga Desa Pandankrajan Kecamatan, Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Minggu (7/11/2021).

Ritual sedekah bumi yang di lakukan di Desa Pandankrajan yang bertempat di waduk Pandan Desa Pandankrajan, ritual sakral dan terlihat penuh mistik yang di lakukan warga Desa Pandan terlihat serta beberapa pemuda dan tokoh adat terlihat antusias dalam menjalani ritual sedekah bumi,

Acara atau sedekah bumi sudah turun temurun dilakukan oleh warga Pandankrajan.
Guna untuk memintak do,a pada para leluhur Desa yang di percayai sebagai tetua leluhur yang telah meninggal dan yang telah menjaga Desa, bisa di bilang sesepu atau danyang penjaga Desa.

Ritual sakral menurut Bapak Fajar selaku tokoh masyarakat mengatakan, ritual ini sudah tradisi dan dilakukan turun temurun oleh warga Desa sini, untuk mintak do,a agar warga Desa Pandankrajan dijauhkan dari segala wabah penyakit atau pagebluk, juga agar setiap bercocok tanam selalu mendapat berkah dan di jauhkan dari wabah hama agar bisa membuakan hasil panen yang melimpah, karnah sebagian warga Pandankrajan kebanyakan petani,” jelas Bapak Fajar (tokoh masyarakat).

Acara sedekah Desa yang di lakukan dengan penuh hikmat, dengan ritual kirab keliling Desa dengan titik akhir tertuju di waduk Pandan yang menurut warga sebagai tempat yang sakral atau yang di tua kan oleh warga setempat.

“Selain kirab dan ralung sesaji di waduk pandan sebagai bentuk persembahan warga bagi leluhur. “Acara sedekah bumi juga di meriahkan oleh seni kuda lumping. (Mis/Zim/Suh)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments