Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sidoarjo Menggelar Pelatihan Ecoprint

, 14 Oktober 2021 44 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sidoarjo mengadakan kegiatan Kursus Ecoprint di Pendopo Delta Wibawa. Rabu, (13/10/2021). Teknik ecoprint ini merupakan teknik memberi pola pada bahan atau kain dengan menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, batang atau bahan tumbuhan lainnya yang menghasilkan pigmen warna.

Dewan Penasehat DWP Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Muhdlor (Ning Sasha) yang juga menjabat Ketua Dekranasda Sidoarjo menyambut baik kegiatan ini. Pada saat ini ecoprint menjadi trend nasional dan juga tren global.

Sudah banyak sekali brand ternama yang memakai cara ecoprint, salah satunya dengan techno ecoprint yang tidak hanya bisa diaplikasikan pada accesoris tapi juga pada peralatan rumah tangga.

“Kebetulan beberapa hari yang yang lalu Dekranasda Kabupaten Sidoarjo mengikuti Pameran Jatim Fair yang mengusung tema kerajinan ecoprint. Mungkin nanti kedepan ada ibu-ibu sekalian yang ada di disini baik perseorangan maupun kelompok bisa mengembangkan karyanya dalam bentuk kerajinan,” katanya.

Sebagai ketua Dekranasda, Ning Sasha akan mewadahi dan memfasilitasi untuk unjuk karya.

“Syukur-syukur dengan adanya kegiatan ini ibu-ibu bisa lebih produktif lagi serta lebih positif lagi dalam kegiatan dan tentu yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tidak hanya kita bisa mengisi kekosongan dengan kegiatan yang lebih positif namun juga produktif, ” terangnya.

Ning Sasha juga minta peserta pelatihan bisa mengajak masyarakat sekitar atau mungkin antar anggota DWP untuk bersama-sama berkarya.

Karena bagaimanapun juga salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai pemulihan ekonomi, apalagi anggota DWP bisa menjadi ujung tombak dari pada lingkungannya dalam hal pemulihan ekonomi. Selain itu juga bisa unjuk karya dalam pameran-pameran baik yang diadakan di daerah maupun propinsi.

“Saya berharap setelah kegiatan ini ibu-ibu semakin semangat lagi untuk berkarya mengajak teman dan kerabatnya menciptakan kreasi-kreasi baru yaitu dalam kerajinan ecoprint. Selepas ini kita semangat lagi berkarya dan berkreasi, bersama-sama kita bisa menjadikan wanita di Sidoarjo ini menjadi unjung tombak dalam pemulihan ekonomi,” tambahnya.

Endang Ahmad Zaini panitia kegiatan menyampaikan pandemi bukan alasan untuk membatasi gerak dan kreatifitas. I mengajak terus tetap berkarya dengan menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan wawasan tentang memanfaatkan potensi lingkungan yang ada disekitar dengan baik, meningkat ketrampilan dan kemandirian bagi anggota-anggota Dharmawanita persatuan Kabupaten Sidoarjo, menumbuhkan ekonomi kreatifitas anggota Dharmawanita Kabupaten Sidoarjo serta untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

“ Sasaran kegiatan ini yaitu meningkatkan kualitas SDM Dharma Wanita Persatuan melalui upaya pengembangan skill atau ketrampilan di bidang karya seni ecoprint, dengan peserta perwakilan pengurus DPW unsur pelaksana OPD dan Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 50 orang,” terangnya.

Hadir sebagai nara sumber Alfina Destianti berserta TIM dari Fins Galery Jakarta yang dengan telaten mengajarkan pada peserta pelatihan ecoprint. (Nuri)

Related posts

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *