NEWS TICKER

2 bulan

DPW LIRA Aadakan Rapat Rutinitas di Kantor Sekretariat DPW LIRA Jawa Timur

, 8 Februari 2022 51 KALI DILIHAT

SURABAYA, MediaSorotMata.com – Rapat pengurus kembali digelar oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jawa Timur. Rapat pengurus ini diselenggarapan tiap bulan sekali.

Pada Februari 2022 ini, rapat pengurus DPW LIRA Jatim diselenggarakan di Sekretariat DPW LIRA Jawa Timur, Jalan Siwalankerto Selatan IV no. 20, Kota Surabaya, pada Minggu siang, 6 Februari 2022. Dihadiri oleh Gubernur DPW LIRA Jatim, Sutrisno beserta jajarannya, rapat ini membahas sejumlah hal termasuk diantaranya pengaduan petani ke DPW LIRA Jatim terkait sulitnya mendapatkan pupuk subsidi, pelatihan kader anti korupsi, dan lain-lain.

Rapat dihadiri juga oleh sejumlah pimpinan DPD LIRA, yaitu DPD LIRA Pamekasan, DPD LIRA Bangkalan, DPD LIRA Lamongan, DPD LIRA Sidoarjo, DPD LIRA Mojokerto Raya. Juga hadir pengurus DPW LIRA dari berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, Gubernur DPW LIRA Jawa Timur, Sutrisno menyampaikan supaya para pengurus dan Relawan LIRA di Jawa Timur melakukan upaya penggalian informasi terkait dengan kelangkaan pupuk bersubsidi di wilayahnya masing-masing. Jika ditemukan indikasi penimpunan atau penyalahgunaan pupuk bersubsidi, Sutrisno meminta agar LIRA menyampaikannya ke institusi terkait, kemudian bisa diteruskan oleh DPW LIRA Jatim.

Dalam kelangkaan pupuk bersubsidi ini, kata Sutrisno, bukan hanya terjadi di Jawa Timur melainkan skala nasional. Tapi bagi LIRA Jatim, upaya yang bisa dilakukan membantu petani ialah mencari akar masalah di lapangan jika ada indikasi kecurangan dalam penyaluran pupuk subsisi.

Bagaimanapun, lanjut Sutrisno, yang dirugikan dalam kelangkaan pupuk subsidi ialah para petani. Selain ancaman gagal panen, produktivitas pertanian juga menurun. Apalagi, saat pupuk bersubsidi langka, muncul pupuk yang yang diproduksi oleh perusahaan tertentu dengan kadar unsur hara diragukan kejelasannya.

Maka itu, Sutrisno mengajak jajaran DPW dan DPD LIRA se-Jawa Timur agar membantu petani. Tidak hanya petani, tapi juga massyarakat menengah ke bawah yang seringkali dirugikan oleh tindakan oknum yang ingin memperkaya dirinya sendiri dan golongannya.

“LIRA harus ada di tengah-tengah masyarakat sebagai solusi untuk mengurai masalah dan ketimpangan yang terjadi. Karena kami ialah lembaga kontrol yang dapat amanah untuk membantu masyarakat kecil,” ujar Sutrisno. (tim)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments