Gus Muhdlor Kebut Lagi Proyek Frontage Road Aloha-Gedangan Tembus Jalan Lingkar Timur Buduran Depan PT. Maspion II

, 24 Maret 2022 23 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Proyek pembangunan jalan frontage road segmen I Aloha-Gedangan tinggal selangkah lagi sudah bisa menembus Jalan Gedangan. Tahun ini, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) akan menuntaskan pembangunannya sampai tembus ke Jalan Lingkar Timur depan PT. Maspion II, Desa Banjarkemantren Kecamatan Buduran.

Saat ini pemkab Sidoarjo sedang dalam proses penuntasan pembebasan lahan yang ada di jalan frontage road segmen I di Desa Gedangan dan Desa Seruni. Total ada 9 bidang yang akan dibebaskan.

Tembusnya jalan Frontage Road Aloha-Gedangan sampai jalan Lingkar Timur depan Maspion II Buduran itu diprediksi Gus Muhdlor bisa mengurai kemacetan arus lalu lintas mulai dari bundaran Aloha sampai perempatan Gedangan, termasuk kemacetan yang sering terjadi pada perempatan traffic light Tebel Gedangan.

“Selama ini, kemacetan ketiga titik itu selain karena disebabkan crossing kendaraan, juga disebabkan jalan protokol sudah tidak bisa lagi menampung padatnya volume kendaraan yang lewat dari arah utara. Terutama pada waktu pagi hari di jam kerja dan sore hari waktu pulang kerja,” terang Gus Muhdlor. Kamis (24/3/2022).

Di tempat terpisah, Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkab Sidoarjo Dwi Eko Saptono usai mengikuti rapat Paripurna pada Rabu sore kemarin, (23/3) menyampaikan, pembangunan proyek jalan frontage road segmen I di Gedangan akan segera dituntaskan termasuk pembebasan lahannya yang tahun lalu ada yang belum rampung.

Dwi menjelaskan, pihaknya saat ini bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo sudah dalam proses pengukuran lahan 9 peta bidang yang akan dibebaskan. Targetnya akhir Maret ini sudah selesai proses appraisal.

“Saat ini masih dilakukan pengukuran peta bidang lagi oleh BPN, lokasinya di segmen I Gedangan sampai tembus jalan Lingkar Timur, kalau tidak salah itu di Desa Seruni juga ada bidang yang ikut dibebaskan. Totalnya ada 9 bidang yang akan dibebaskan untuk proyek frontage road tahun ini,” jelas Dwi.

Setelah selesai dilakukan pengukuran selanjutnya, kata Dwi akan diakukan appraisal kemudian pengumuman dan dilanjutkan proses pembayaran. “Satu minggu pengukuran kemudian satu minggu lagi appraisal targetnya akhir Maret ini selesai,” ujar Dwi.

Sedangkan pengerjaan jalan frontage roadnya targetnya dikerjakan mulai akhir Mei atau awal Juni. Prosesnya pada April pekan depan sudah dimulai rencana lelang dan targetnya pertengahan Mei sudah ada pemenangnya.

“April depan mulai rencana lelang, target Mei awal-pertengahan sudah ada pemenang kemudian tinggal proses pengerjaannya, perkiraan akhir Mei atau awal Juni sudah mulai dikerjakan,” ujarnya.

“Untuk jalan frontage road Buduran mulai lingkar timur sampai arah depan Comfeed ke selatan akan dikerjakan di tahun anggaran 2023,” pungkas Dwi. (Nuri)

Related posts

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *