NEWS TICKER

4 bulan

INACRAFT 2022, Presiden Jokowi Puji Kerajinan UMKM Sidoarjo

, 23 Maret 2022 12 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Presiden RI Joko Widodo memuji hasil kerajinan kulit UMKM Sidoarjo yang dipamerkan pada event 22th Jakarta Internasional handycraft Trade Fair (INACRAFT 2022) yang di gelar 23 – 27 Maret 2022 di Jakarta Convention Center. Acara perhelatan pameran industri kreatif tanah air itu dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo Rabu (23/3/2022).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengunjungi stan pameran dari berbagai UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dari seluruh penjuru tanah air. Salah satu stand UMKM yang dilihat Jokowi adalah stan UMKM Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sidoarjo.

Yang menarik Jokowi dari produk UMKM Sidoarjo adalah kerajinan kulit yang diukir. Salah satunya adalah produk Sepatu berbahan kulit yang diukir gambar sketsa kepulauan nusantara milik Haha Production. Usaha kerajinan kulit itu yang mengelola para milenial Sidoarjo.

“Sepatu kulit desain ukiran kepulauan Nusantara itu memiliki ukiran kulit sepatu berbeda dengan yang lain. Karena ada ciri khas nusantara, dan cocok buat para rider,” puji Jokowi.

Tidak hanya Jokowi yang memuji produk industri kreatif milik arek Sidoarjo yang dipamerkanbdi Jakarta itu. Dukungan dan apresiasi juga datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno yang ikut mendampingi Jokowi mengunjugi stand UMKM Sidoarjo itu menilai, kualitas produk industri kreatif Sidoarjo yang dipamerkan pada INACRAFT 2022 di Jakarta itu sudah layak dipasarkan ke luar negeri. Selain, karena kualitasnya yang dinilai sudah baik, unsur seninya menambah kesan produk jadi bernilai eksklusif.

“Produk perajin UMKM Sidoarjo cocok ini untuk ekspor, kualitas sudah Ok dan memiliki kesan eksklusif karena ada unsur seni ukir tangan,” puji Sandiaga Uno.

Tampilnya produk industri kreatif Sidoarjo di ajang INACRAFT 2022 yang diklaim merupakan ajang pameran Pengrajin terbesar se Asia Tenggara itu karena kuatnya dukungan dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda).

Ketua Dekranasda Sidoarjo Sa’adah Muhdlor menyambut baik perhelatan pameran INACRAFT dengan mengirimkan 9 pelaku Industri Kreatif untuk unjuk gigi memamerkan produk unggulan UMKM Kota Delta.

Ajang pemeran tingkat nasional itu dinilai Ning Sasha jadi kesempatan mengenalkan produk-produk industri kreatif Sidoarjo. Meski berhalangan hadir mendampingi pameran UMKM di ajang INACRAFT 2022, Ning Sasha mengapreasiasi para peserta pameran yang membawa misi memajukan industri kreatif Sidoarjo itu.

“Sidoarjo tidak hanya dikenal lumpur lapindo saja, tapi banyak industri kreatif tumbuh dan berkembang dengan baik dan Dekranasda selalu mensupport itu. Selain industri kerajinan kulit, ada juga industri tekstil, bordir dan industri kreatif pembuatan aksesoris yang produknya sudah merambah luar negeri,” ujar Ning Sasha yang juga istri dari Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo.

Pada ajang INACRAFT 2022 ini, Dekranasda Sidoarjo mengirimkan sembilan pelaku industri kreatif unggulan Sidoarjo. Mereka, yakni pengrajin tekstil dan bordir dari Sari Kenongo Lintang, Henny Hasyim, House of Qomira, Yankhurin. Pengrajin leather meliputi Morfby, Lestari, Haha Leather. Kemudian accesories logam dari Dian Art dan pengrajin homedecor rotan dari Tatami.

*Seputar INACRAFT*

The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) ketika pertama kali diselenggarakan pada April 1999.

Masa yang sulit tinggal cerita. Kini, INACRAFT telah menjelma menjadi sebuah pameran yang tidak saja bergengsi, tapi juga secara tidak langsung ikut menggerakkan perekonomian Indonesia. Dari waktu ke waktu, INACRAFT menjadi salah satu primadona bagi para perajin atau pengusaha kriya, bahkan ditunggu para buyers atau peminat handicraft mancanegara. Pameran ini memberi dampak naiknya nilai ekspor kerajinan tangan Indonesia.

Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) kembali diselenggarakan. Saat ini INACRAFT 2022 menjelma sebagai pameran sebesar se-Asia Tenggara dengan 722 peserta.

INACRAFT 2022 sendiri akan hadir pada Balai Sidang Jakarta yakni pada tanggal 23-27 Maret yang berlokasi di Balai Sidang Jakarta Convention Center.

Penyelenggaraan INACRAFT tahun ini juga berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni diselenggarakan secara hybrid dengan tema tetap “From Smart Village to Global Market”.

Dari 722 peserta INACRAFT 2022, Kabupaten Sidoarjo turut berpartisipasi di dalamnya. Dengan memboyong 9 hasil produk UMKM unggulan.

Dengan kualitas produk-produknya semakin baik dan produk-produk kerajinan Sidoarjo terus naik kelas, hasil produk yang dipamerkan itu telah memiliki kualitas ekspor. Bagi masyarakat yang tertarik dengan hasil kerajinan dari Sidoarjo bisa memgunjungi Stan Dekranasda Sidoarjo di Hall B No. 97-98. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments