Keraton Yogyakarta Idul Fitri Tahun Ini Meniadakan Grebeg Syawal Dengan Arak-arakan Prajurit Dan Gunungan

15 Mei 2021 59 KALI DILIHAT

YOGYAKARTA, MediaSorotMata.com – Tidak seperti tahun-tahun sebelum ada pandemi covid-19, gunungam Idul Fitri tahun ini tidak boleh dirayah/ rebutan
Hal ini terkait dengan keraton Yogyakarta yang meniadakan prosesi grebek syawal dengan arak-arakan prajurit dan gunungan.

Prosesi di ganti dengan pembagian paraden gunungan yang berupa rengginang kepada abdi dalem keraton Yogyakarta, Puro Pakualaman dan Kepatihan.

Tujuannya adalah mendukung anjuran pemerintah dan menyesuaikan kondisi tanggap darurat bencana COVID-19 DIY.
Adapun kepatihan sendiri menerima dua bokor (kendi tempat rengginang) yang berisi 80 rengginang dari total sekitar 2.700 rengginang yang di buat keraton Yogyakarta.

Seperti dikutip dari laman humasjogja jumat (14/5). Pada sambutannya ,Sekda DIY Drs Kadarmanta Baskara Aji mengucapkan terima kasihnya kepada Keraton Yogyakarta dan Ngarsa Dalem atas berkah yang di berikan.

“Menira ngunjuk matur marang Sri Sultan Hamengku Buwono Ingkang Jumeneng Kaping Sedasa ugi tansa memuji, para sederek dalem, sentana dalem, ugi praja dalem lan kawula dalem, tansah sinongsong panjenengan Dalem Allah, mugi manggih kesarasan tinebihna saking sambekala,” ujar Sekda DIY.

Baskara Aji berharap bahwa pareden tersebut dapat membawa berkah bagi keluarga besar Pemda DIY dan juga Kepatihan,” pungkasnya. (rim).

Related posts

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *