NEWS TICKER

4 bulan

KOWITRA Undang Pegiat Lingkungan Hidup, Sikapi Masalah Sampah

, 2 Desember 2021 20 KALI DILIHAT

MOJOKERTO, MediaSorotMata.com – Para pegiat pariwisata yang berada di daerah Trawas Kabupaten Mojokerto, yang tergabung dalam KOWITRA (Komunitas Wisata Trawas) mengundang para budayawan, sastrawan, pegiat lingkungan hidup dan beberapa elemen masyarakat lainnya pada Minggu (29/11/2021) pukul 19.00 wib, dalam acara ” Ngobdar” (Ngobrol Budaya dan Alam Raya).

Turut hadir para nara sumber yang aktiv dalam kegiatan lingkungan hidup dari berbagai daerah guna membahas masalah sampah, diskusi dengan tema ‘Menikam Bumi Dengan Sampah’ tersebut terlihat gayeng.

Paox Iben, aktivis lingkungan hidup yang diundang langsung dari NTB memaparkan terkait bahaya sampah pada bumi, Pria berpostur jangkung berambut gimbal ini menyampaikan terkait pentingnya menjaga habitat hutan, mata air,pohon dll.

Paox juga memaparkan beberapa data anilis terkait jenis sampah, bahaya sampah dan maraknya pembangunan hotel dan villa dikawasan pegunungan yang tidak ramah lingkungan. Hal ini disampaikannya karena,tanpa kesadaran masyarakat dilingkungan kawasan wisata, maka Trawas sebagai penopang sumber air di wilayah sekitar akan segera rusak.

Tamu undangan yang hadir dalam acara Ngobdar sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Paox,namun sangat disayangkan, Bupati dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang harusnya bisa hadir, mendadak mewakilkan kedatangannya pada beberapa stafnya.

Pada sesi penutup, narasumber yang juga pengasuh pondok Alam Adat Jolotundo, Beny Zakaria,yang akrab dipanggil Gus Beny menyampaikan bahwa, pentingnya menjaga keseimbangan alam guna kelangsungan hidup generasi penerus, pada khususnya masyarakat Trawas Kabupaten Mojokerto dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya.

Out Put dari Ngobdar yang di prakarsai oleh PAWITRA di Paseban Agung Desa Trawas tersebut, menghasilkan beberapa rekomendasi terkait perbaikan lingkungan serta usulan agar wilayah Trawas dijadikan ‘Green Zone’. Hal ini tertuang dalam deklarasi bersama oleh peserta Ngobdar dan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Mojokerto yang diwakili oleh Ibu Puji selaku Kasi Pengolahan Sampah,agar bisa di jadikan rekomendasi untuk membuat Perda tentang Tata Kelola Lingkungan Hidup dikawasan Wisata Kabupaten Mojokerto. (Hartono).

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments