NEWS TICKER

2 bulan

Lantik 100 Pengurus Pakasa, Bupati Muhdlor Berharap Budaya Lokal Tetap Lestari

, 30 Januari 2022 118 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Pengurus Paguyuban Kulawarga Keraton Surakarta (Pakasa) Cabang Kabupaten Sidoarjo periode 2021-2026 akhirnya terbentuk.

Penetapan dilakukan dalam upacara pelantikan yang berlangsung di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Minggu (30/1/2022) pukul 10.00 WIB. Pelantikan dihadiri Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, S.Ip dengan undangan para anggota yang akan dilantik serta pengurus lama.

Disebutkan, dalam kesempatan pengurusan paguyuban Kawula Keraton Surakarta Cabang Sidoarjoa atau Pakasa cabang Sidoarjo disertai dengan “kekancingan” atau pelantikan pengurus cabang yang sudah mulai dibentuk beberapa waktu lalu.

Untuk pelantikan pengurus cabang, dilakukan KPH Edy Wirabhumi selaku Pangarsa Punjer (Pimpinan Pusat) Pakasa yang berkedudukan di Keraton Mataram Surakarta sebagai pusatnya didampingi oleh Bupati Sidoarjo.

Kanjeng Mas Tumenggung Rizki Niswarini Budayaningrum terpilih kembali sebagai Ketua Pakasa periode 2021-2026. Bersamaan dengan itu, juga ditetapkan 100 orang yang mendapatkan surat penghargaan dalam wisuda yang diberikan langsung oleh Bupati Sidoarjo.

Dikatakan Gusti Pangeran Haryo Mangkubumi, Putra Pakubuwono ke-13, Bupati Sidoarjo kali ini mendapatkan mandat sebagai dewan pinisepuh yang ditandai dengan pusaka berupa tombak. “Sesuai hitungan Neptu, Bupati Sidoarjo berhak menerima pusaka tombak,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus Paguyuban Kawula Keraton Surakarta Cabang Sidoarjo yang baru dan peparingan kekancingan. “Semoga amanah dalam menjalankan jabatan barunya,” ucap Bupati.

“Di tengah urbanisasi akulturasi Budaya, banyak pendatang yang membawa kesenian dan budaya masing-masing, apalagi di era digital sekarang ini. Kalau kita tidak berpegang teguh pada budaya sendiri, bisa saja budaya kita yang menghilang,” Imbuhnya.

Bupati berharap dengan adanya paguyuban Pakasa ini, diharapkan dapat mempererat hubungan Kabupaten Sidoarjo dan Keraton Kasunanan Surakarta. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments