NEWS TICKER

2 bulan

LMDH Jati Jaya Ngorogunung, Bersama Forkopimda Melakukan Reboisasi Hutan

, 4 Maret 2022 18 KALI DILIHAT

BOJONEGORO, MediaSorotMata.com – Kegiatan Reboisasi di lahan Perhutani oleh Forkompimda Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur , yang berlokasi di Desa Ngorogunung Kecamatan Bubulan bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH ) Jati Jaya, (4/3/2021).

Reboisasi ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai penyeimbang alam serta melestarikan sumber mata air yang ada di Kawasan setempat, kegiatan ini di dukung penuh para pemangku kebijakan di kabupaten Bojonegoro sehingga kedepan akan menambah oksigen serta penghasilan berkelanjutan pada masyarakat hutan setempat.

Ada sekitar 150 hektar lebih KPS yang perlu penanganan khusus , mengingat pentingnya sumber mata air untuk kelangsungan kehidupan seluruh Ekosistem yang ada. Selain itu untuk pencegahan erosi serta memperbanyak produksi oksigen yang sangat dibutuhkan semua kehidupan di muka bumi .

Dalam sambutannya ADM KPH Bojonegoro Irawan DJ , mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu giat menanam pohon yang nantinya bisa dimanfaatkan bersama. Untuk kali ini Kami berikan bibit tanaman buah – buahan supaya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat jika nanti sudah panen . Mari kita jaga dan kita rawat bersama supaya anak Cucu Kita nanti ikut merasakan hasilnya. Di lahan Perhutani yang sangat luas ini harus benar – benar bisa dirawat dengan baik demi kesejahteraan masyarakat , dengan beraneka ragam jenis tanaman , namun tidak mengurangi fungsi hutan yang ada.skala Prioritas Visi dari Perhutani yaitu meliputi , Panet , People , dan Provit harus benar – benar terwujud. Dengan kesadaran Menanam dan merawat pohon maka kedepan Masyarakat bisa menikmati hasilnya.

Kodim 0813 Bojonegoro yang ikut dalam kegiatan penanaman hari ini , mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh elemen Masyarakat yang sudah mau peduli tentang lingkungan. Dulu sewaktu masih Sekolah saya melihat hutan masih sangat lebat , namun saat ini Kami merasa prihatin dan miris melihat hampir semua Kawasan Hutan di Bojonegoro banyak yang Gundul. Terimakasih pula kepada LMDH JATI JAYA yang menjadi pelopor dalam kegiatan Reboisasi kali ini ucap Letkol Arm. Arief Yudho yang juga Dandim 0813 Bojonegoro. Beliau saat ini sedang Pulang kampung dikarenakan asli Putra Daerah dari Kecamatan Bubulan Bojonegoro.

Sementara itu Kapolres Bojonegoro , AKBP Muhammad dalam sambutannya , dengan Reboisasi maka kedepan hutan akan kembali lestari dan bermanfaat untuk kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.Apresiasi yang sangat Luar bisa kepada KPH Bojonegoro dan juga Perhutani dengan sosialnya yang tinggi kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa sejahtera dengan memanfaatkan lahan hutan untuk bercocok tanam musiman . Namun jangan hanya tanamannya sendiri yang dirawat dan di jaga tanaman Perhutanipun harus sama – sama Kita pelihara.

Sementara ketua LMDH JATI JAYA ketika ditemui awak media ini mengatakan bahwa kegiatan pada hari ini , semata – mata hanya untuk menjaga lingkungan supaya tidak beralih fungsi secara utuh.Kami punya inisiatif untuk melakukan Reboisasi supaya hutan ini berfungsi sebagai mana mestinya dan juga untuk kesejahteraan masyarakat. Makanya kami tanami di KPS ini dengan buah – buahan , ada Klengkeng , Apukat , jambu Mete , Jambu Kristal , Nangka , Mangga dan Indigofera.Di tepi sungai kami sisipkan Rumput Fertikal yang nantinya untuk pakan ternak.

Dan Alhamdulillah FORPIMDA Kabupaten Bojonegoro sangat mendukung dengan Kegiatan Reboisasi yang kami Gagas , ucap Ketua LMDH Agung Mahfudhori yang juga Humas KJJT wilayah Bojonegoro.

Dalam kegiatan Reboisasi kali ini dihadiri oleh FORPIMDA Kabupaten Bojonegoro , Forpincam Kecamatan Bubulan , seluruh Kepala Desa Sekecamatan Bubulan , Pemuda Pancasila Cabang Bojonegoro , polsek Sekar , Polsek Temayang , Polsek Gondang , Koramil Sekar , Koramil Gondang , Koramil Temayang , Tokoh Masyarakat Desa Ngorogunung , MTS Sunan Drajad Ngorogunung , serta seluruh Jajaran KPH Bojonegoro. (Jalal)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments