NEWS TICKER

2 bulan

Memastikan Kondisi Hewan Kurban, Wali Kota Ika Puspitasari

, 14 Juli 2021 8 KALI DILIHAT

MOJOKERTO, MediaSorotMata.com Menjelang perayaan Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Kapolresta Mojokerto kota AKBP Rofiq Ripto Himawan, mengecek kondisi hewan kurban yang ada di Kota Mojokerto.

Inspeksi ini, menyasar di wilayah Jalan Raya Ijen, Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Rabu (14/7/2021).

Pengecekan hewan kurban ini, dilakukan oleh Wali Kota Ning Ita bersama Kapolresta AKBP Rofiq Ripto Himawan usai inspeksi stabilitas kebutuhan komoditas di pasar tradisional.

Turut mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Happy Dwi Prastiawan, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Ani Wijaya, OPD, Camat dan Lurah.

Wali Kota Ning Ita menjelaskan bahwasanya ada 19 lapak hewan kurban yang ada di Kota Mojokerto. Dari 19 lapak tersebut, menyediakan hewan kurban sebanyak 478 ekor kambing, 60 ekor sapi dan 12 ekor domba.

Melalui pengecekan secara berkali-kali, Pemerintah Kota Mojokerto menjamin bahwa hewan-hewan yang akan menjadi kurban pada perayaan Idul Adha, telah memiliki sertifikasi dan dalam keadaan kesehatan, serta memenuhi persyaratan kurban.

Tidak hanya itu, Wali Kota selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Mojokerto juga menghimbau kepada masyarakat bahwa selama PPKM darurat berlangsung, kegiatan pelaksanaan salat Idul Adha ditiadakan.

Sekaligus, penyembelihan hewan kurban akan dipusatkan pada rumah pemotongan hewan (RPH), untuk menghindari terjadinya kerumunan. Sedangkan hasil dari penyembelihan hewan kurban tersebut, akan diantarkan oleh panitia secara door to door.

Peraturan ini, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 18 tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa Bali.

Oleh karena itu, Wali Kota Ning Ita mengharapkan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat agar turut bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memutus virus Covid-19, dengan bersama-sama mentaati peraturan selama PPKM darurat berlangsung. (Suhar)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments