NEWS TICKER

2 bulan

Pemkab Sidoarjo Luncurkan Aplikasi E-Kenda Untuk Memantau Serapan Anggaran OPD

, 4 November 2021 20 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Selama tiga hari 3 s/d 5 Nopember 2021, seluruh kepala OPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPkom) serta pejabat Perencanaan dan Keuangan Perangkat daerah mengikuti Sosialisasi Kebijakan Pengendalian Pembangunan Daerah dan Bimbingan Teknis Implementasi Aplikasi Elektronik Kendali daerah (E-Kenda) di Kabupaten Sidoarjo yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo H. Ahmad Zaini di Hotel Four Point By Sharaton Surabaya.

Besarnya Silpa selama 3 Tahun terakhir ini yang mencapai diatas 1 trilyun rupiah atau prosentase capaiannya sebesar diatas 20% dan kondisi capaian pelaksanaan program kegiatan yang tepat waktu rata-rata sebesar 81,33 %. Sehingga dengan beratnya capaian kinerja keuangan dan kinerja actual tersebut diatas, mencerminkan belum optimalnya kinerja pengendalian pembangunan dalam mengawal pelaksanaan program kegiatan daerah.

Untuk itu perlunya inovasi kebijakan yang mampu meningkatkan kinerja pembangunan di Kabupaten Sidoarjo yaitu melalui pengendalian pembangunan berbasis elektronik melalui Aplikasi Elektronik Kendali Daerah (E-Kenda).

“Mudah-mudahan perubahan yang terjadi di Kabupaten Sidoarjo melalui E-Kenda, Kepala OPD dan PPKom betul-betul melaksanakan kegiatan dengan tepat waktu. Tolong segala kegiatan yang ada bisa disikapi dengan baik agar kinerja Pemerintahan tidak menumpuk dibelakang , semoga dengan adanya E-kenda ini semuanya bisa terpantau dan bukan hanya kegiatan dalam bentuk fisik saja yang perlu diperhatiakn namun untuk kegiatan non fisik juga harus segera di launching,” katanya.

Zaini juga menambahkan E-Kenda akan sangat bermanfaat bagi kita karena mengetahui dan mengevaluasi progress dari suatu kegiatan sehingga raport atau laporan dari E-Kanda menjadi alat untuk melakukan pembayaran, karena pembayaran akan dilakukan sesuai dengan progress yang ada dalam E-Kenda.

“Sistem ini dibuat untuk memudahkan bapak/Ibu untuk melakukan monitoring dan evaluasi sehingga E-Kenda akan lebih ringan dan bisa diakses dari manapun, juga mudah dipantau. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments