NEWS TICKER

2 bulan

Pilihan RT di Desa Sruni Gedangan, di Sambut Antusiasme Warga Setempat

, 30 November 2021 35 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) 02 Rukun Warga 01 Desa Sruni, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, berlangsung layaknya pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum Presiden.

Berlokasi di jalan Pisang RT 02/RW 01 Desa Sruni Gedangan, antusiasme warga terlihat sejak sekitar pukul 19.00, tatkala puluhan warga antre di TPS datang untuk memilih ketua RT mereka

Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos dua kandidat ketua RT yang ada. Kemudian, kartu suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas.

Kali ini pemilihan RT berlangsung sedikit panas karena Isu yang beredar salah satu panitia sudah di calonkan dan gadangkan untuk menjadi pemenang, indikator dan dugaan kecurangan tercium oleh sebagian warga RT 02 RW 01 Desa Sruni Gedangan. Dari isu money politik sampai dengan pendiskriminatifnya calon pemilih.

Pada pencoblosan Ahad 27 November 2021 mengerucut pada 2 nama yaitu, saudara Widodo nomor urut (Satu) dan saudara Slamet nomor urut (Dua) dengan hasil sama sama mengantongi 40 suara, dan pada malam itu akan langsung di laksanakan pemilihan ulang oleh panitia tapi oleh salah seorang tokoh masyarakat bapak H.mudjiono menyarankan agar pemilihan di langsungkan besok senin 29 November 2021 karena banyak pemilih yang sudah pulang, dan saran positif tersebut tersebut langsung di tanggapi Dan di respon cepat oleh bapak RW H.mahfud dan mengumumkan bahwasanya pemilihan di lanjutkan besok.

Pada pencoblosan di hari ke 2, antusias warga begitu luar biasa walaupun dalam keadaan hujan deras berbondong bondong datang untuk memilih jagoannya. Tepat pukul 21.00 wib pencoblosan di tutup dan penghitungan suara dimulai keseruan terlihat apabila no urut 1 di sebutkan warga langsung terdengar sorakan dukungan, dan pada penghitungan suara tersebut Widodo dengan nomor urut 1 mendapatkan 67 suara dan Slamet mendapatkan 55 suara.

Pada kesempatan itu pula H Mahfud selaku ketua RW 01 menambahkan, pemilihan ketua RT secara pemilihan langsung merupakan bukan pertama kalinya di lingkungan setempat. Dan juga bukan ajang persaingan, melainkan kebersamaan.

Menurutnya, pemilihan ketua RT dengan aklamasi atau pemilihan langsung ini sangat bagus dan lebih transparan Apabila pemimpin tersebut tidak amanah, maka warga yang akan menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan hidup sosial menjadi kacau.

Sejumlah persiapan dibiayai menggunakan dana kas RT yang berasal dari sumbangan usaha parkir yg dikelola oleh kelompok usaha parkir M3 river side.

Kepala Desa Sruni, Saiful Imaduddin menyatakan, dirinya menyambut baik pelaksanaan Pemilihan Rukun Tetangga tersebut, apalagi mengadopsi sistem pemilihan langsung dan memberikan apresiasi kepada pak RW yang sudah mengakomodir keinginan warga dalam pemilihan tersebut.

Ya semoga dengan terpilihnya Rukun tetangga( RT) yang baru akan memberikan warna baru dalam kehidupan sosial bermasyarakat khusunya di wilayah RT 02/RW 01 Desa Sruni Gedangan karena dalam kurun beberapa tahun ini terjadi kehidupan bertetangga yang kurang harmonis, semoga pak RT (Widodo) yang baru dapat memberikan solusi terbaik apabila warga ada permasalahan bukan jadi provokator apalagi jadi sumber masalah dan untuk urusan administrasi surat menyurat lebih dipermudah.”ujar Hery salah satu warga.

Ia berharapi Ketua RT terpilih harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat sekitar. “Sebab peran Ketua RT pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan Desa tambahnya. (Bud/Nur)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments