NEWS TICKER

2 bulan

Pulihkan Perekonomian Desa, Bupati Sidoarjo Resmikan Wisata Bumdes Kedungsugo Prambon

, 25 Desember 2021 22 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali didampingi Ketua TP.PKK Sa’adah Muhdlor, Kepala desa dan Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo meresmikan “Wisata Bumi Tanah Kas desa” (WBT) Kedungsugo, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo.

Potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan untuk menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat salah satunya kekayaan potensi wisata.

Menurut Bupati Muhdlor, kegiatan seperti ini harus terus didorong agar kreativitas masyarakat desa tumbuh, yang pada gilirannya nanti bisa menggerakkan ekonomi lokal.

“Ekosistem kreatif harus diciptakan sampai level desa, bahkan individu,” ujarnya, Sabtu (25/12/2021).

“Peran BUMDes sebagai wadah pemberdayaan ekonomi desa perlu dimaksimalkan.

“Masyarakat bisa menciptakan peluang-peluang ekonomi baru melalui BUMDes sehingga bisa tercipta kesejahteraan dan kemakmuran bersama,” lanjutnya.

Trend ekonomi pemulihan masyarakat bisa dengan pembenahan dan pengembangan desa wisatas sesuai dengan potensi.

Pengembangan desa wisata ini harus secara bersama-sama, sehingga sektor ini mampu menjadi sumber ekonomi baru di tengah masyarakat Kedungsugo Kecamatan Prambon.

“Agar pengelolaan dan pengembangan wisata desa ini tetap memperhatikan kearifan budaya lokal serta tetap menjaga kelestarian lingkungan.

BUMDes sebagai pengelola desa wisata bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa, meningkatkan usaha masyarakat, mengembangkan rencama kerjasama usaha antar desa, menciptakan peluang jaringan pasar, membuka lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan desa,” katanya.

Di masa pandemi Covid-19, salah satu sektor yang terdampak adalah sektor wisata. Sehingga kebijakan dalam pengelolaan desa wisata dimasa pandemi Covid-19 menjadi sebuah langkah dalam mengatasi permasalahan sektor ekonomi desa,” pungkasnya. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments