NEWS TICKER

2 bulan

Rapat Sosialisasi program Pamsimas di Pendopo Balai Desa Tarik

1 Mei 2021 33 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Rapat sosialisasi pamsimas (program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat) di Desa Tarik, kec. Tarik, kab. sidoarjo tempatnya di pendopo Balai Desa Tarik, jumat malam (30/04/2021).

Sosialisasi sendiri di hadiri (PJ) kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, tokoh masyarakat, Rt, Rw dan karangtaruna.

Membahas yang selama ini di keluhkan warga kurangnya sosialisasi di masyarakat dalam penentuan titik untuk tempat penampungan air warga merasa kurang dilibatkan dan pada dasarnya warga tidak keberatan dengan adanya proyek pamsimas.

Tujuan dengan adanya program air bersih ini, ingin mengajak masyarakat agar bisa terlayani air bersih dagan harga yang murah dan terjangkau yang bisa dikelola oleh masyarakat itu sendiri sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri.

Salah satu contoh, apabila masyarakat ikut menjual bisa untung dagan menjual harga rp. 1000 silahkan, jadi tujuan pemerintah ini baik untuk masyarakat tapi memang butuh sosialisasi yang lebih.

Didalam pro kontra itu hal yang biasa disuatu kebijakan, tapi apabila program ini dapat berjalan dampak positif akan terasa bagi masyarakat.

“Tapi kalau ada dari masyarakat yang kurang sependapat mungkin hanya belum paham faedah yang akan didapat, untuk teknis pengeboran dan penentuan titik lokasi itu menggunakan alat canggih geolistrik dan itu harus teliti untuk menentukan satu titik agar mendapatkan sumber air yang benar benar bersih dan murni.

“Dan alat yang di gunakan untuk survey untuk titik lokasinya berada di lapangan desa itu masih TKD (Tanah Kas Desa), dan kami berharap program ini benar-benar berjalan karena ini adalah program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat Desa.

Makanya kami tidak menyangka kalau dalam program ini mendapatkan penolakan dari beberapa warga padahal program ini sudah di lakukan sosialisasi sebanyak 3 kali dan menjadi polemik seperti ini dan untuk program ini sangat bagus sekali karena apa yang diharapkan yaitu pemerintah tidak akan mengeluarkan anggaran sebesar itu karena masyarakat terlibat dalam pembangunan itu harapan yang bagus dan masyarakat turut serta berpartisipasi dalam tumbuh ber kembangnya daerah mereka masing-masing, “ujar singgih konsultan Desa tarik.

pejabat sementara (PJ) kepala Desa tarik udik muzayyin mengatakan, alhamdulillah rapat sosialisasi pamsimas sudah terlaksana kami berharap program ini bisa berjalan sesuai rencana dan tadi masukan dari beberapa warga khususnya warga yang terdampak semoga menjadi bahan pertimbangan buat kami untuk menentukan titik lokasi pengeboran,” pungkasnya. (Hery/Red)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments