NEWS TICKER

2 bulan

Tidak Mudah Seperti Yang Kita lmpikan  Dalam Mencari Peluang Berkerja

, 24 Mei 2021 50 KALI DILIHAT

PALU,MediaSorotMata.com – Tidak bisa dibantahkan bahwa gelar bukan menjadi tolak ukur untuk mencari pekerjaan, terkhususnya mahasiswa yang baru saja lulus.

Ketatnya persaingan dan peluang kerja yang terbilang sedikit, menjadi faktor terbesar untuk mereka mencari pekerjaan.

Tidak hanya itu, pandemi  juga menjadi permasalahan baru yang mempersempit peluang kerja saat ini.

Banyaknya mahasiswa yang lulus tiap tahunnya dan para tenaga kerja yang di PHK maupun dirumahkan menyebabkan tingakat pengangguran di indonesia meningkat pesat.

Ini semua diakibatkan karena imbas Corona yang melanda Indonesia pada 2 tahun terakhir ini. Lantas bagaimana tanggapan lulusan sarjana tahun ini mengenai peluang kerja sekarang.

“Bukan cuma susah cari kerja, tapi pekerjaan susah menerima pekerja” respon salah satu wisudawan, sebut saja inisial Mr.G) saat dihubungi lewat whatsappnya oleh MediaSorotMata. Minggu (23/05/2021).

“Kebanyakan harus good looking dan punya pengalaman kerja, nah kalau kita baru mempunyai keinginan kerja, apakah sudah memiliki pengalaman? tentu tidak ada! namanya juga baru lulus kuliah dan belum pernah merasakan pekerjaan sekali pun,” sambungnya.

Dia berharap setidaknya setiap instansi pekerjaan itu paling tidak jangan terlalu mempersulit seseorang untuk kerja apalagi yang sudah memiliki gelar. Mereka dikuliahkan oleh orang tuanya selama kurang lebih 4 tahun dengan harapan mengangkat kualitas hidup keluarganya namun susah mendapat pekerjaan, karena di tuntut oleh persyaratan yang terbilang sulit.

Diapun berpesan kepada mahasiswa yang sudah lulus sebaiknya perbanyak koneksi di dunia pekerjaan atau perluas komunikasi ke setiap orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan,” pesannya.

Keluh yang sama yang di rasakan teman (Mr.G), sebut saja (Nr) nama sapaannya, dirinya menyampaikan salah satu Contoh misalnya bertemu orang yang pekerjannya tinggi jangan malu untuk mengakrabkan diri dan bahas tentang pekerjaan tapi jangan terlalu berlebihan paling tidak berkenalan dulu, barangkali jika ada lowongan pekerjaan kalian yang dihubungi.

Tidak sedikit dari mahasiswa yang baru lulus gengsi untuk memulai pekerjaan dari bawah. Padahal itu baik agar mereka memiliki pengalaman kerja, serta dapat mengasah kemampuan, pengetahuan dan keterampilan mereka.

“Dan juga untuk mahasiswa harus pintar melihat peluang pekerjaan yang memiliki peluang untuk lebih ke pekerjaan yang tinggi,” pungkasnya. (Anggi)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments