UPZ KEMENAG BOJONEGORO GELAR RAKOREV

, 9 Februari 2022 45 KALI DILIHAT

BOJONEGORO, MediaSorotMata.com – Kantor Kementerian Agama Kab. Bojonegoro melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Gara Zawa) gelar Rakorev perdana di Aula Kankemenag Kab. Bojonegoro.

Adapun peserta rakor adalah Kepala Kantor, Kasuubag TU, Para Kasi dan pengurus UPZ dari satker madrasah di lingkungan Kankemenag Kab. Bojonegoro, Rabu (9/2/2022).

Agenda rakor kali ini adalah penyampaian laporan kegiatan dan evaluasi 2021, serta penyusunan program kerja 2022.

Rakor dipimpin langsung Gara Zawa oleh Drs. H. Muh. Sholihul Hadi, M.Pd.I , selaku ketua UPZ Kankemenag Kab. Bojonegoro. Sholihul Hadi dalam sambutan laporan menyampaikan bahwa UPZ Kankemenag Kab. Bojonegoro telah mentasarufkan ZIS sesuai dengan regulasi dan kemaslahatan bagi masyarakat, dengan memaparkan rincian laporan keuangan yang dikelola oleh Gara Zawa.

Pada kesempatan ini, Sholihul Hadi melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan pada 2021. “Ada beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan UPZ Kankemenag Kab. Bojonegoro selama tahun 2021, diantaranya, pentasarufan pada bulan Ramadhan, pendistribusian daging hewan qurban, peduli pandemi covid 19, tanggap bencana dan beberapa bantuan sosial lainnya dalam rangka HAB Ke-76 Kemenag RI tingkat Kab. Bojonegoro,” jelasnya.

Ditambahkan olehnya bahwa UPZ Kankemenag Kab. Bojonegoro, saat ini tidak hanya mengelola zakat, tetapi juga dana sosial lain, infaq pembangunan masjid Al Ikhlas Kankemenag dan dana peduli bencana Semeru.

Rakor dibuka secara resmi oleh Kepala Kankemenag Kab. Bojonegoro, H. Munir, S.Ag. M.Ag, dalam sambutannya mengapresiasi atas kinerja UPZ Kankemenag Kab. Bojonegoro tahun 2021. Ada beberapa wejangan yang disampaikan Kankemenag diantaranya, peserta rapat diharapkan untuk menyepakati bahwa sebagian dana yang dikelola UPZ Kankemenag Kab. Bojonegoro tidak semuanya disetor ke BAZNAS akan tetapi sebagian dipergunakan untuk merampungkan pembangunan masjid Al Ikhlas Kankemenag Kab. Bojonegoro yang sampai hari masih memerlukan biaya.

Selanjutnya Kankemenag juga berpesan, dalam rangka peningkatan akuntabilitas pengelolaan dana oleh UPZ Kankemenag Kab. Bojonegoro, Raker kali ini programnya harus terukur, dengan membuat skala prioritas sehingga tepat sasaran. Selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu keterbukaan pelaporan pentasarufan ZIS kepada muzaki yang dibuat secara tertulis dan berkala. “Pelaporan tertulis atas pentasarufan ZIS akan lebih baik jika disampaikan kepada muzaki dengan soft copy dan secara berkala, bisa mingguan atau bulanan, ini dalam rangka untuk mempertanggungjawabkan uang yang kita kelola dihadapan para muzaki dan dihadapan Allah SWT dikemudian hari.” himbaunya.

Di akhir sambutannya Kankemenag berpesan kepada para kepala Satker Madrasah dan KUA untuk menghimbau ASN yang ada diwilayah kerjanya untuk memaksimalkan dan membiasakan zakat, infaq dan shadaqah melalui UPZ Kankemenag. (Jalal)

Related posts

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *