NEWS TICKER

2 bulan

KRI Pulau Rupat-712 Koarmada II Beserta Unsur Tugas Kogasgab Ambalat Dukung SAR Kapal ML Lady Manawara

19 April 2022 36 KALI DILIHAT

SURABAYA, MediaSorotMata.com – KRI Pulau Rupat-712 dibawah jajaran Satran (Satuan Kapal Ranjau) Koarmada II, bersama unsur tugas Kogasgab Ambalat-22 mendukung pelaksanaan operasi Search And Rescue (SAR) pencarian dan pertolongan terhadap ABK Kapal ML Lady Manawara yang mengalami kecelakaan laut tepatnya di perairan Terumbu Balong, Tawau Malaysia Karang Unarang, Sabtu (16/4/2022) yang lalu.

Operasi SAR ini dilaksanakan setelah Komandan KRI Pulau Rupat, Letkol Laut (P) Slamet Ariyadi, mendapatkan perintah dari Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II, selaku pemegang Komando Taktis Kogasgab Ambalat-22.

Pencarian dan pertolongan ini dilaksanakan setelah Kantor SAR Malaysia, MRSC Kinabalu mengirimkan permohonan bantuan kepada Basarnas yang diteruskan kepada TNI AL untuk membantu pelaksanaan pencarian dan pertolongan tersebut.

Komandan KRI Pulau Rupat-712 yang dipercaya sebagai On Scene Coordinator (OSC) pelaksanaan SAR dari Kogasgab Ambalat-22, membagi sektor pencarian kepada unsur-unsur terlibat terdiri KRI Mandau, Tim Kopaska dan Kompi Marinir, dengan memperhatikan lokasi jatuhnya korban serta arah angin dan arus di sekitar lokasi kejadian, unsur Satuan Tugas Ambalat-22 melaksanakan penyisiran di sepanjang perairan Laut Sulawesi dan Teluk Siboko yang berbatasan langsung dengan Perairan Tawau Malaysia.

Komandan KRI Pulau Rupat-712, Letkol Laut (P) Slamet Ariyadi menyampaikan bahwa Operasi pencarian ini akan dimaksimalkan bersama-sama dengan unsur laut Kogasgab Ambalat lainnya seperti KRI Mandau, Tim Kopaska dan Kompi Marinir.

“Kita yang terlibat dalam Satuan Tugas Ambalat-22 akan mengotimalkan pencarian dan pertolongan korban dengan mengerahkan Personel serta Alutsista terbaik TNI AL.” ujar Pamen melati dua di pundak ini

Menurutnya TNI AL melalui Satgas Ambalat-22 ini akan memaksimalkan kembali pencarian dan pertolongan korban dalam mendukung operasi SAR ini, dirinya  berharap semoga pencarian korban ABK ML Lady Manawara ini dapat menemukan titik terang. (Red)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments