NEWS TICKER

4 bulan

Menekan Angka Kecelakaan di Jalur Cangar Pacet, Satlantas Polres Mojokerto Dirikan Pos Check Poin di Rest Area Sendi

28 November 2021 72 KALI DILIHAT

MOJOKERTO, MediaSorotMata.com – Banyaknya angka kecelakaan lalu lintas jalur Pacet-Cangar, terutama kendaraan yang dari arah Batu ke Mojokerto melalui Cangar. Satlantas Polres Mojokerto  mendirikan Pos Check Poin di rest area Sendi (Pacet).

Sering terjadinya kecelakaan kendaraan roda dua maupun roda empat di karenakan rem blong maupun kendaraan tua yang tidak sanggup menanjak. Sehingga Satlantas Polres Mojokerto bekerja sama dengan Dealer masing-masing Merk kendaraan untuk melaksanakan pengecekan Mesin, Ban dan kelayakan kendaraan yang akan melewati jalur Pacet-Cangar.

Kegiatan Check Poin dilaksanakan di hari Sabtu dan Minggu dengan melibatkan 12 anggota Polri dan 4 teknisi yang berpengalaman untuk rekayasa arus lalulintas dan mengecek kondisi kendaraan.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menekan angka kecelakaan di jalur Sendi-Cangar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Arpan., S.I., MH. M.SI, secara langsung melakukan pengecekan dan pemeriksaan kondisi kendaraan bermotor di Pos Check Poin, Minggu (28/11/2021).

AKP Arpan mengatakan, pemeriksaan kondisi kendaraan tersebut dengan sasaran kendaraan roda dua dan empat yang melintas di Pos Check Poin. Dari pemeriksaan tersebut diharapkan bisa menekan angka kecelakaan di jalur Sendi-Cangar yang biasanya sering terjadi karena rem blong. Ini lantaran kondisi jalan di jalur Sendi-Cangar yang cukup ekstrim.

“Yang mana kita inisiasi melihat dari beberapa kejadian yang terjadi adanya laka lantas ataupun juga ada beberapa laka lantas di mana adanya kelalaian dari para pengemudi,” jelas Arpan.

Melalui Chek Poin, dari kesehatan pengemudi dan kesehatan kendaraan bermotor. Dengan pengecekan tersebut, akan diketahui apakah kendaraan layak dipakai melintas di jalur Sendi-Cangar,” tambahnya. 

Masih AKP Arpan, jalur Sendi-Cangar merupakan wilayah wisata alam dan jalur sangat ekstrim. Yakni memiliki tanjakan dan turunan tajam. “Sehingga kita mengantisipasi dengan melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi laka lantas di wilayah Sendi ataupun wilayah wisata alam di wilayah Kecamatan Pacet, Mojokerto.

“Dan juga dalam situasi pandemi ini, kami juga mengkombinasikan dengan memberikan edukasi tambahan penekanan kepada masyarakat. Yakni pentingnya untuk mematuhi peraturan kesehatan, wajib menggunakan masker, wajib mencuci tangan dan juga wajib menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” tutur AKP Arpan.

“Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan ini bisa bermanfaat dan juga bisa mengantisipasi serta maksimal menurunkan angka kriminalitas dan juga angka laka lantas di wilayah Kabupaten Mojokerto. 

Salah satu peserta yang ikuti Check Poin di pos rest area Sendi Pacet, dirinya menyampaikan, dalam kegiatan ini, banyak para pengendara merasa terbantu untuk mengetahui kondisi kendaraannya sebelum melewati tanjakan maupun turunan terjal yang dapat menyebabkan kecelakaan. Dari kami sangat-sangat terbantu dengan adanya Check Poin di Sendi Pacet, Mojokerto ini,” pungkasnya. (Suh/Red)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments