NEWS TICKER

4 bulan

TNI AL Koarmada II Tangkap Kapal TB. NSS II Yang Menarik TK Bumi Palma I Bermuatan CPO

1 Mei 2022 44 KALI DILIHAT

SURABAYA, MediaSorotMata.com – Unsur Koarmada II KRI Mandau-621 (KRI MDU-621) dari Satuan Kapal Cepat (Satkat) menangkap Kapal TB. NSS II yang menarik TK Bumi Palma I bermuatan CPO (Crude Palm Oil) kurang lebih 4.100 Ton. Kapal tersebut langsung di serahkan ke Lanal Balikpapan untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kapal TB NSS ditangkap oleh KRI Mandau – 621 pada hari Jum’at 29 April 2022 lalu dengan bukti awal pelanggaran pada dokumen pelayaran termasuk sertifikat bongkar barang berbahaya. Oleh Komandan KRI MDU-621 kapal tersebut di bawa ke Lanal Balikpapan dan diterima langsung Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz, MMaritimmePol., M.Tr.Hanla.

Penangkapan ini atas kerjasama antara KRI MDU-621 yang sedang melaksanakan operasi dengan jajaran Intelijen TNI AL Koarmada II, khususnya dalam tindak pidana pelayaran di wilayah perairan yurisdiksi nasional Indonesia. Diawali dengan informasi intelijen tentang adanya kapal yang mencurigakan selanjutnya KRI MDU-621 melaksanakan penangkapan dan pemeriksaan.

Danlanal Balikpapan menyampaikan memang benar bahwa dirinya menerima pelimpahanan wewenang dari KRI MDU-621 bahwa kapal TB NSS yang menarik TK Bumi Palma I bermuatan CPO dari Samarinda menuju Kotabaru.

Menurutnya untuk saat ini TB NSS berada di Lanal Balikpapan untuk dilaksanakan penyelidikan lebih lanjut. Apabila nantinya didapatkan cukup bukti akan di laksanakan proses penyidikan lanjutan sesuai prosedur hukum yang berlaku. (Pen2/Red)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments