Dusun Jetak Gondang, Peringati Isra Mi’raj, Gelar Pengajian

, 2 Maret 2022 74 KALI DILIHAT

MOJOKERTO, MediaSorotMata.com – Desa Pugeran, khususnya di Dusun Jetak, Kecamatan Gondang, Kabupaaten Mojokerto mengadakan Pengajian.

Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, bertempat di MUSHOLLA BAITUL MUQORROBIN, Selasa (1/3/2022). 

Pengajian tersebut dihadiri oleh wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Albarraa, Lc M. Hum, H. Sholeh, warga, pemuda dan tokoh masyarakat setempat 

Acara tersebut Mengusung tema “Menjadikan Moment Isra Mi’raj untuk menguatkan kecintaan dan keteladanan terhadap Nabi Muhammad SAW, kegiatan dimulai tepat pukul 04.00 sore.

Kepala Desa Pugeran Mohammad Arif dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada para masyarakat agar senantiasa meneladani dan mencontoh akhlak mulia Nabi Muhammad SAW dalam bertindak dan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kita harus meyakini dan percaya bahwa peristiwa Isra’ Mi’raj itu benar-benar ada, karena hanya orang-orang yang beriman yang percaya akan hal itu. Selain itu kita juga harus mampu menjauhi perbuatan-perbuatan yang dilarang agama dan dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, di samping itu Arip berpesan, kita kita harus saling menolong sama lain,” imbuhnya Arif.

Wabup Mojokerto yang akrab di saya Gus Barra, dalam tausiyahnya mengatakan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan peristiwa maha dahsyat dan luar biasa.

Perayaan Isra Miraj 2022 pada tahun ini jatuh pada tanggal 28 Februari 2022. Hari itu merupakan peristiwa penting yang dinantikan umat muslim setiap tahun. 

Karena dalam perjalanan itu Rasulullah mendapatkan wahyu langsung dari Allah berupa perintah mengerjakan shalat. Yang kini menjadi sebuah kewajiban yang harus dijalankan umat Islam. “Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut untuk mengingatkan kita dengan kisah Nabi yang istimewa itu guna menambah ketaqwaan,” sambutnya.

Selain shalat wajib, shalat sunah pada hari Isra Miraj sangatlah dianjurkan. Karena akan mendatangkan pahala yang melimpah untuk orang yang mau menjalankan kebiasaan Nabi Muhammad itu. 

Amalan Isra Miraj selanjutnya yaitu memperbanyak membaca Al-Quran. Dengan membaca Al-Qur’an akan lebih menenangkan hati dan pikiran kita,” tambahnya Gus Barra.

“Bagi umat Islam yang mengimani akan adanya Allah SWT sebagai pencipta, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab yang diturunkan Allah SWT dan iman kepada Nabi dan Rosulnya, maka peristiwa Isra Miraj adalah benar adanya.

Diakhir pengajiannya, Gus Barra, sapaan akarabnya, bepesan kepada pemuda dan masyarakat agar selalu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT dan selalu menjalankan sholat lima waktu. 

Selain itu Gus Barra berpesan kepada pemuda Desa Pugeran, betapa pentingnya Isra Mi’raj, karena dari peristiwa Isra’ Mi’raj tersebut lahirlah bermacam ilmu pengetahuan yang menginspirasi berbagai penemuan teknologi modern seperti jaman sekarang ini.

Gus Barra juga menyampaikan, kami bangga dengan sambutan antusias masyarakat Desa Pugeran yang mengikuti pengajian di hari Isra Mi’raj ini, dirinya juga mendo’akan masyarakat Desa Puheran di beri rezeki dan sehat selalu,” pungkasnya. (Suhar/Red)

Related posts

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *