Mantapkan Program, Kankemenag Bojonegoro Gelar Pra-Raker Kedua

, 31 Januari 2022 17 KALI DILIHAT

BOJONEGORO, MediaSorotMata.com – Mengingat semakin dekatnya pelaksanaan Rapat Kerja Gabungan yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 5 dan 6 Januari 2022 di Hotel Ibis Semarang, Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro gelar kegiatan Pra-raker yang kedua, bertempat di Aula atas Kankemenag Kab. Bojonegoro Jalan Pattimua no.07, Senin (31/01/2022).

Dibuka langsung oleh Kakankemenag, H. Munir, S.Ag, M.Ag, didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Semua Kepala Seksi dan Penyelengga.

Hadir sebagai peserta sejumlah 178 orang terdiri dari para Kepala KUA Kecamatan, Pengawas Madrasah/PAI, Kepala Satker MAN, MTsN, MIN dan KTU, Penghulu, Penyuluh PNS, FK Penyuluh Non PNS, Pengurus KKG/MGMP PAI SD/SMP/SMA/SMK, KKM MI/MTs/MA, PG IGRA, FKDT, FKPP, FKPA, FK KBIHU, serta seluruh JFT/Pelaksana Kankemenag Kab. Bojonegoro.

Rapat dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kemenag arahan dilanjutkan dengan laporan dari ketua panitia yakni Kasubbag TU H. Muhammad Muhlisin Mufa, M.Pd.I. dalam sambutan laporan menyampaikan “kegiatan ini adalah tindaklanjut dari pra raker sebelumnya. Pembahasannya masih sama tapi lebih dipertajam lagi yaitu membahas program kerja berdasarkan Perkin dan Dipa dan dapat diperluas sesuai kebutuhan,” terangnya.

“Disamping itu forum ini untuk mengingatkan kembali kepada para FK untuk menyusun program kerjanya, teknisnya kegiatan hari ini dengan dibentuk menjadi 3 kelompok/Komisi. Antara lain Komisi A (Sekretariat Jenderal), Komisi B (Pendidikan Islam), Komisi C (Bimas Islam dan PHU),” Imbuhnya.

Sementara itu Kankemenag H. Munir menerangkan maksud dilaksanakan pra-raker ini adalah sebagai salah satu ikhtiar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karenanya dirinya sengaja melibatkan seluruh mitra kerja.

Harapannya dengan dilibatkan secara langsung para mitra kerja bisa mengungkapkan program kerja masing–masing secara detail.

“Sekaranglah waktunya semua elemen mengungkapkan program apa saja yang selama ini menjadi prioritas sekaligus mencari solusi atas kendala dan permasalahan yang dihadapi,” ujarnya.

Selain itu Kakankemenag meminta semua peserta untuk memberikan kontribusi positif salah satunya dengan mencermati semua program yang ada dan menganalisa sejauh mana program ini berdampak langsung pada masyarakat. Harapannya agar program kerja tahun 2022 sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

“ Mungkin ditahun 2021 kemarin masih banyak kekuarangan mari kita evaluasi, di tahun 2022 ini kita maksimalkan dengan mencanangkan program-program unggulan di masing-masing satuan kerja,” imbuhnya.

Sebagai panduan menurut Kankemenag, setidaknya program yang disusun harus berkaidah SMART (Specific, Measurable, Realistic, Time bound), selain itu program juga harus terukur dengan menunjukan adanya sinergitas antara Kemenag dan stakeholder.

Ada beberapa program yang tidak tercover oleh dana dari DIPA, dengan dukungan dari stakeholder harapannya program tersebut bisa dilaksanakan.

“Terbukti berkat dukungan dari berbagai pihak, baik itu Pemerintah Daerah maupun mitra kerja lainnya beberapa program tahun sebelumnya bisa dilaksanakan dengan sukses,” tambahnya.

Diakhir arahannya H. Munir mengucapkan selamat mengikuti kegiatan dan dirinya meminta semua peserta untuk menanggalkan jabatan, dan status apapun yang melekat dirinya, semua sejajar sebagai keluarga besar Kemenag yang satu visi dan misi tengah berikhtiar bersama-sama untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. (Jalal)

Related posts

Komentar