NEWS TICKER

7 bulan

Ini Pesan Bupati Gus Muhdlor Saat Hadiri Pelantikan Anggota PPS

25 Januari 2023 120 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Bupati Sidoarjo H.Ahmad Muhdlor Ali, S.IP harap 1.038 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang berasal dari masing-masing desa atau kelurahan se-Kabupaten Sidoarjo yang baru dilantik oleh Ketua KPU Sidoarjo M.Iskak, memiliki peran strategis dan penting dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ahmad Muhdlor saat hadiri pelantikan anggota PPS yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo di Exhibition Hall Mall Pelayanan Publik Sidoarjo, Selasa (24/1/2023) Malam.

“Memperhatikan aspek kualitas Pemilu, maka dapat dikatakan bahwa PPS memegang peranan yang strategis dalam tugas, wewenang, dan kewajibannya dalam agenda penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024.” kata Gus Muhdlor Sapaan akrab Bupati Sidoarjo.

Perlu di ketahui bahwa PPS mempunyai tugas penting dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, salah satunya adalah mengumpulkan hasil perhitungan suara dan melaksanakan semua tahapan penyelengaraan pemilu ditingkat Kelurahan /Desa.

“Untuk itu kami meminta kepada seluruh Anggota PPS agar mempelajari dan menguasai semua regulasi tentang Pemilu Tahun 2024, dalam upaya mewujudkan Pemilu yang demokratis, dengan mengedepankan azas pemilu, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” ucap Bupati.

Lanjutnya Bupati Gus Muhdlor juga mengingatkan agar semua anggota PPS untuk proaktif berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, Kepala Desa atau Kelurahan, Perangkat Desa, maupun Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Mulailah beradaptasi, segera konsolidasi dan koordinasi dengan tim serta stakeholder lainnya di tingkat desa atau kelurahan,” ucapnya Gus Muhdlor.

Bupati berharap agar nantinya PPS yang baru saja dilantik ini agar dapat menunaikan tugasnya dengan baik, sehingga dapat melaksanakan pemilu yang berkualitas.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo saya mengucapkan selamat kepada 1.038 orang anggota PPS yang hari ini dilantik. Semoga amanah yang diemban ini dapat ditunaikan sebaik-baiknya, sehingga Pemilu 2024 ini dapat menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk negeri ini, baik di jajaran eksekutif maupun legislatif,” kata Bupati Gus Muhdlor

Sementara itu Ketua KPU Sidoarjo, Mohamad Iskak, menegaskan bahwa kualitas demokrasi salah satunya ditentukan oleh kualitas kinerja dari PPS yang ada di masing-masing wilayah.

“Kualitas demokrasi ditentukan oleh bapak ibu sekalian, tidak ditentukan oleh KPU, tetapi kualitas demokrasi dibangun dari Desa/ kelurahan dan dari dusun-dusun, maka kami berharap tanggungjawab yang berat ini harus bapak ibu emban baik-baik,” tutur Iskak

Iskak juga menyebutkan, anggota PPS sebagai penyelenggara Pemilu tidak lagi leluasa mengomentari segala hal dan lebih menjaga hubungan baik dengan seluruh partai politik.

“Tadi kami sampaikan bahwa mulai hari ini mereka sudah harus memulai menjaga komentar dan “jempolnya”. Jangan sampai kemudian jika ada isu atau apapun mereka langsung berkomentar,” ucapnya

M.Iskak mengungkapkan bahwa 1038 anggota PPS yang dilantik tersebut merupakan orang-orang terpilih yang telah melalui seleksi dari sekian ribu pendaftar. Untuk itu dirinya mewanti-wanti agar seluruh anggota PPS bekerja dengan sungguh-sungguh.

“Maka kami berharap silakan berkomitmen untuk menguatkan diri menjadi penyelenggara pemilu, membangun kualitas demokrasi yang baik demi suksesnya Pemilu 2024 di Kabupaten Sidoarjo,” kata Iskak.

Turut hadir Gogot Cahyo Baskoro KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Jajaran KPU Kabupaten Sidoarjo, Jajaran Bawaslu Kabupaten Sidoarjo, Kepala OPD di Lingkup Pemkab Sidoarjo, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Sidoarjo. (Nuri)