NEWS TICKER

2 bulan

Layanan Perpanjangan SIM Online, Polri Luncurkan Aplikasi SINAR

13 April 2021 21 KALI DILIHAT

MADIUN, MediaSorotMata.com – Urusan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) kini tak perlu datang. Pelayanan sudah bisa secara online saat ini. Yap, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah meluncurkan pelayanan perpanjangan SIM Online berupa aplikasi tersebut, Selasa (13/4/2021).

Peluncuran diikuti seluruh jajaran kepolisian di daerah secara virtual. Tak terkecuali di pejabat Polres Madiun Kota. Ketua DPRD Kota Madiun dan Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya turut dalam kegiatan peluncuran pelayanan perpanjangan SIM online secara virtual dari gedung Sunaryo Polresta Madiun.

Aplikasi SIM Presisi Nasional (SINAR) sudah dapat diunduh di playstore saat ini. Aplikasi memang baru berbasis android. Namun, saat ini masih dalam pengembangan untuk juga dapat diunduh di appstore. Dalam peluncuran tersebut juga disuguhkan simulasi penggunaan aplikasi tersebut.

Mulai dari login, memasukkan data diri seperti nomor KTP dan email serta data lainnya. Pengunduh akan diminta memberikan password untuk akses login selanjutnya. Berikutnya tinggal mengikuti instruksi yang tertera.

Dalam aplikasi tersebut juga sudah dilengkapi dengan layanan uji teori sim secara online, layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi serta layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Artinya, semua alur perpanjangan SIM sudah dapat diakses dalam aplikasi. Saat syarat sudah terpenuhi, SIM dapat dicetak setelah pemohon melakukan pembayaran yang juga secara online.

Nah, untuk fisik SIM bisa diberikan melalui tiga cara. Diambil sendiri, diwakilkan dengan surat kuasa, atau dikirim melalui PT Pos Indonesia.

‘’Ini sudah menjadi komitmen kami untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,’’ kata Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, di kutip dari akun instagram pemkabmadiun. (Man)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments