NEWS TICKER

2 bulan

PDAM Sidoarjo Kerjasama Dengan Korsel Tingkatkan Kualitas Air Pakai Teknologi DOF

3 Juni 2022 38 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Perumda Delta Tirta Sidoarjo pada Januari 2022 lalu telah menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan PT Michigan Technology Co asal Korea Selatan.

MoU itu berisi tentang kerjasama ujicoba (trial) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Dengan Menggunakan Teknologi DOF (Dissolve Ozone Flotation) di IPA Siwalanpanji.

Terkait kerjasama itu, Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali menyambut baik. Apalagi Perumda Delta Sidoarjo tidak mengeluarkan pembiayaan apapun.

“Saya menyambut baik kerjasama itu, apalagi Perumda Delta Tirta Sidoarjo tidak mengeluarkan biaya apapun. Semoga kerjasama itu akan mampu meningkatkan kualitas air, khususnya di IPA Siwalanpanji,” harap Bupati. Jum’at, (3/6/2022).

Dalam kerjasama tersebut PDAM Sidoarjo tidak mengeluarkan biaya sepeserpun karena sifatnya masih ujicoba.

Terpisah, Dwi Hary Soeryadi, Direktur Utama Perumda Delta Tirta Sidoarjo mengatakan bahwa ujicoba dengan teknologi DOF oleh PT Michigan Technology Co asal Korsel telah dilakukan Maret lalu.

“Hasil trial maret lalu bagus, air telah memenuhi standar baku mutu. Saat pelaksanaan trial itu juga dihadiri perwakilan dari PDAM Surabaya, Situbondo, Kementrian Kelautan dan Perikanan serta perwakilan dari BUMN, PT Adhi Karya dan PT PP,” kata mantan Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) itu.

Dirut PDAM Sidoarjo itu menyebut bahwa Direktur Utama PT Michigan Technology Co asal Korea Selatan telah datang ke kantornya.

“Saya sampaikan kalau kita memakai teknologi mereka dengan keseluruhan mesin, terlalu mahal. Akhirnya saya minta agar apa yang ada si Siwalanpanji dimodifikasi saja. Karena menurut saya sistem dan alat hampir sama, tapi ada perbedaan pada ujung prosesnya. Mereka pertimbangkan itu dan sedang membuat penawaran kepada kita,” tegas sosok yang akrab disapa Dwi itu.

Bahkan Dwi menegaskan, kalau misalkan perusahaan asal Korsel itu kesulitan memodifikasi IPA Siwalanpanji, dirinya akan mencari lagi teknologi yang lain.

“Kita akan terus cari teknologi terbaik agar output air di IPA Siwalanpanji sesuai standar baku mutu. Ini penting dalam rangka meningkatkan kualitas air bagi masyarakat di Sidoarjo,” pungkas Dwi.

Sebagai Informasi, Perusahaan asal Kosel, PT Michigan Technology Co dalam kerjasama dengan Perumda Delta Sidoarjo menggunakan teknologi Dissolved Ozone Flotation (DOF).

Teknologi DOF itu diklaim mampu membersihkan air sampai memenuhi standar baku mutu meskipun sumber air sangat buruk. (Nuri)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments