NEWS TICKER

2 bulan

KEMENAG Bojonegoro Melakukan Bimbingan PraNikah Bersama Mahasiswa IKIP PGRI

17 Juni 2022 46 KALI DILIHAT

BOJONEGORO, MediaSorotMata.com – Sebanyak 100 Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro mengikuti Bimbingan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah Angkatan ke 4 dan 5 yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) yang bertempat di Auditorium IKIP PGRI Jalan Panglima Polim desa pacul Kecamatan kota, Jum’at, (17/6/2022).

Kegiatan bimbingan pra nikah bagi remaja usia sekolah ini bertujuan untuk membuka wawasan para mahasiswa agar tidak terburu-buru menikah pada usia yang belum cukup, Penikahan dini biasanya berawal dari pergaulan bebas dan lemahnya fungsi kontrol orang tua. Dengan bimbingan ini dapat membuka cara pandang para mahasiswa untuk memahami dampak dan resiko dari pernikahan dini. Singkatnya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman kepada para remaja yang nantinya melangsungkan pernikahan sehingga terwujudnya keluarga samawa.

Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro Muh. Zainal Arifin selaku ketua panitia dan juga Plt. Kasi Bimas Islam dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mencegah terjadinya pernikahan dini pada kalangan pelajar perlu dilakukan bimbingan pra nikah seperti ini. Pergaulan anak-anak remaja saat ini sudah tidak ada batas lagi. Maka dari itu pengawasan dan bimbingan menjadi kunci untuk menyelamatkan remaja kita pada jalan yang salah. Terlebih menghindarkan para remaja dari pernikahan dini karena kondisi yang tidak mereka inginkan.

Menurut Zainal “bahwa saat ini yang paling penting bagi remaja adalah rajin belajar dan menuntut ilmu, mengikuti apa yang dianjurkan oleh pemerintah lewat instansi terkait, dengarkan dan ikuti serta taati. Lebih lanjut, bagaimana remaja saat ini membangun diri, mempersiapkan diri untuk kemudian menjadi orang yang berguna, bermanfaat, berpengetahuan dan siap untuk membangun keluarga” pesannya.

Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan sebelumnya di beberapa perguruan tinggi di Bojonegoro, yakni angkatan 1 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Bojonegoro (STIKes MABORO), angkatan 2 dan 3 di Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI Bojonegoro), dengan menghadirkan fasilitator yang berkompeten dibidangnya.
(Jal/Bms)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments