Wabup  H. Subandi  Mengunjungi Rumah   Nayla Penderita Hidrosefalus Dan Spina Bifida di Desa Gedangrowo, Prambon

, 7 Januari 2022 197 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Sungguh pilu derita yang dialami Nayla bayi yang baru berusia 3 bulan itu sejak lahir sudah menderita Spina Bifida.

Bayi pasangan suami istri warga Desa Gedangrowo RT. 02 RW 03 Kecamatan Prambon tersebut menderita Spina Bifida atau cacat lahir dikarenakan sumsum tulang belakang gagal berkembang dengan baik.

Tidak hanya itu, Nayla yang lahir bulan Oktober tahun 2021 lalu juga divonis menderita Hidrosefalus atau menumpuknya cairan didalam rongga jauh didalam otak. Hal tersebut menyebabkan pembesaran kepala bayi perempuan yang saat ini hanya terbaring dirumahnya.

Mendengar kabar derita Nayla, pagi tadi Wakil Bupati H. Subandi SH mengunjungi rumahnya, Jumat, (7/1/2022). Wabup datang tidak sendiri. Ia datang bersama kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo drg. Syaf Satriawarman serta Kepala Dinas Sosial Sidoarjo Asrofi. Kedatangannya untuk memastikan pengobatan Nayla berjalan lancar sekaligus memberikan semangat kepada orang tuanya bagi kesembuhan buah hatinya. Selain itu kedatangannya juga ingin memberikan bantuan secara pribadi sekaligus menyampaikan bantuan dari Baznas Sidoarjo dan Sembako dari Pemkab Sidoarjo.

Wabup H. Subandi meminta Evita Nuriana ibu dari Nayla untuk bersabar. Disampaikannya Pemkab Sidoarjo akan berupaya membantu proses kesembuhannya. Dinas Kesehatan dimintanya ikut mendampingi pengobatan Nayla sampai tuntas. Dinas Kesehatan juga dimintanya untuk memeriksa kondisi Nayla setiap hari.

“Ibu yang sabar, kita dari Pemkab Sidoarjo akan berusaha membantu kesembuhan putri jenengan,”semangatnya kepada orang tua Nayla.

Usai menjenguk Nayla, Wabup H. Subandi mengatakan perawatan berkelanjutan akan diberikan kepada Nayla. Hari Senin besok, Dinas Kesehatan Sidoarjo dimintanya untuk membawa Nayla ke RSUD Dr Soetomo Surabaya. Seluruh akomodasi akan ditanggung Pemkab Sidoarjo. Menurutnya hal seperti ini menjadi bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah Kabupaten Sidoarjo kepada masyarakat.

“Kita akan kontrolkan rutin, mobil akan kita siapkan dan kita akan awasi pengobatannya,”ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Drg. Syaf Satriawarman menuturkan bahwa Nayla pernah dirawat di RSUD Sidoarjo. Pada proses pengobatan selanjutnya, Nayla dirujuk ke RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Setelah beberapa bulan dirawat di RSUD Dr. Soetomo, pihak keluarga memutuskan untuk merawat Nayla dirumah. Alasannya terkendala biaya hidup di rumah sakit yang ditanggung orang tuanya saat menunggui anaknya. Namun menurut Dokter Syaf, pihak rumah sakit Dr. Soetomo sendiri memang sudah memperbolehkan Nayla pulang dan dilanjutkan layanan kontrol rawat jalan.

“Setelah kami kroscek ini memang bukan pulang paksa, tetapi sudah boleh pulang dengan layanan kontrol rawat jalan, jadi hari Senin besok rawat jalan disana, kontrol, mudah-mudahan kalau itu bisa dilakukan dengan rawat jalan jadi tidak perlu rawat inap disana,” ujarnya. (Nuri)

Related posts

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *