Bupati Ponorogo Sugiri ‘Kang Giri’ Launching Sumur di Desa Duri, Kecamatan Slahung

, 4 Juni 2021 5 KALI DILIHAT

PONOROGO, MediaSorotMata.comPertanian di Ponorogo terus didorong untuk terwujud. Salah satunya dengan peluncuran sumur dalam untuk meningkatkan kecukupan air di lahan-lahan yang tidak teraliri irigasi teknis. Kecukupan air adalah kunci peningkatan produktifitas dan produksi berbagai komoditas tanaman.

Launching sumur dalam ini dilakukan oleh Bupati Ponorogo Sugiri ‘Kang Giri’ Sancoko di Desa Duri, Kecamatan Slahung, Kamis (3/6/2021). Sumur dalam di Desa Duri tersebut adalah satu dari 25 sumur dalam yang akan dibangun selama 2021 ini. Ke-25 sumur dalam dibangun untuk 25 kelompok tani yang berada di 21 desa yang masuk dalam 9 kecamatan. Yaitu kecamatan Sampung, Balong, Bungkal, Kauman, Sambit, Slahung, Jambon, Mlarak, dan Badegan.

“Bahwa untuk memenuhi kebutuhan air di Ponorogo dan memperluas lahan pertanian yang produktif maka harus diadakan sumur dalam. Harapannya, seluruh tanaman pangan yang ditanam oleh petani akan tumbuh dengan subur,” ungkap Kan g Giri usai launching.

Sumur-sumur ini akan mengairi lahan seluas 20 hektare untuk tiap titik sumurnya. Lokasi sumur dalam dipilih di lahan yang tidak terjangkau oleh irigasi teknis dan sangat membutuhkan air saat musim kemarau.

“Selain bergerak membangun sumur dalam, kita juga akan melaksanakan program revitalisasi irigasi teknis sehingga tidak harus dibangunkan sumur dalam di semua lokasi. Kemudian nantinya kita harapkan ada gerakan untuk membangun sumur resapan sehingga terjadi keseimbangan dan air tidak terbuang sia-sia,” ujar Kang Giri. (Man)

Related posts

Komentar