Launching Program Kerja Mengayomi Warga Bersama ABPEDNAS, Bupati Anna Mu’awanah Berharap BPD Aktif

, 25 Oktober 2021 18 KALI DILIHAT

BOJONEGORO, MediaSorotMata.com – Dalam rangka merumuskan Program Kerja tahun 2021, ABPEDNAS (Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional) Bojonegoro melakukan RAKERCAB yang bertempat di Wisma Toyo Aji Kecamatan Kapas, Minggu (24/10/2021).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 82 peserta PAC Kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro. Juga dihadiri oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Ketua DPD ABPEDNAS Jatim, Ketua DPC ABPEDNAS Kabupaten Bojonegoro, Camat Kapas, Ketua AKD Bojonegoro, serta undangan lainnya.

Ketua DPC Bojonegoro, Mahfud Muharom berharap Rakercab ini mampu memunculkan konsep-konsep yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas BPD (Badan Perwakilan Desa) di Bojonegoro sebab masih banyaknya kebingungan karena kurangnya pengetahuan berkaitan tentang regulasi dan mekanisme.

“Oleh karena itu kita berharap kepada BPD se-Bojonegoro pada periode ini bisa mensupport dan juga bisa meningkatkan kapasitasnya berperan aktif dalam proses yang ada di desa baik perencanaan mulai dari RPJMDES, RKAP sampai penyusunan APBD Desa terlihat aktif termasuk untuk pengawas Pemerintah Desa,” tutur Mahfud.

Mahfud juga menambahkan, kurang maksimalnya peran BPD, maka BPD harus mensupport kegiatan Desa supaya APBDES bisa meningkatkan dari segi ekonomi melalui BUMdes atau melalui kegiatan-kegiatan ekonomi Desa, dan juga BPD harus melakukan penyerapan aspirasi masyarakat.

Pada momentum ini, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam sambutannya menyampaikan Rakercab ini merupakan rencana memberikan masukan kepada Kades yang nanti bisa dituangkan di Musrengbangdes, serta BPD juga harus ikut bermusyawarah dalam Musrengbangdes yang nantinya menyampaikan beberapa usulan agar tercapainya musyawarah mufakat.

“Sebuah Pemerintahan Desa bisa makin baik dan produktif kalau kepersertaan BPD itu disertakan sejak perencanaan awal,” ungkap Bupati Anna.

Lebih lanjut Bupati Anna berharap agar Rapat Kerja ABPEDNAS ini bisa menyalurkan, mempercepat terhadap program penanganan kemiskinan, stanting, gizi buruk, indeks pembangunan manusia di bidang pendidikan.

“Setelah disisir warga yang perlu ditangani, berharap dengan adanya Rakercab nantinya bisa diaspirasikan didalam Musrengbangdes,” ucap Bupati.

Di akhir sambutannya Bupati menambahkan, BPD berperan juga dalam menyisir potensi-potensi penerimaan Desa yang berbasis dari aset desa yang didalamnya BPD bisa mengusulkan program kepada kepala desa terkait inventaris barang milik desa antara yang bisa dikomersilkan, serta yang masih bisa dikelola untuk meningkatkan pendapatan Desa. (Jalal)

Related posts

Komentar