NEWS TICKER

4 bulan

Pemda DIY Memiliki Pabrik Penyulingan Minyak Kayu Putih

17 April 2021 47 KALI DILIHAT

YOGYAKARTA, MediaSorotMata.com Balai Kesatuan Pengelolahan Hutan atau Balai KPH Yogyakarta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY sudah sejak lama mengembangkan produk minyak kayu putih sebagai salah satu komoditas bisnis unggulan karena miliki prospek usaha yang menjanjikan.

Minyak kayu putih merupakan hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Tanaman kayu putih yang awalnya di gunakan sebagai upaya konservasi itu kini juga bermanfaat untuk penduduk sekitar.

Tanaman ini juga di pilih untuk merespon kebutuhan masyarakat sekitar hutan akan lahan tumpangsari.

Pabrik minyak kayu putih juga menyerap tenaga kerja dari masyarakat lokal dalam proses pemetikan ,pengangkutan hingga tenaga kerja di pabrik pengolahan.

Pabrik minyak kayu putih (PMKP) Pertama yang di dirikan adalah PMKP Sendang Mole yang terletak di desa Gading. Kapanewon Playen Kabupaten Gunungkidul.

Selain PMKP Sendang Mole ada PMKP Gelaran yang terletak dalam kawasan RPH Gelaran ,BDH Karangmojo. Gunungkidul.

Peralatan yang di gunakan dalam proses penyulingan berbahan stainless steel. Seperti boiler, coolingtower, condenser, keranjang daun dan lainnya bertujuan agar tidak terjadi reaksi kimia antara peralatan dengan minyak. Sehingga minyak yang dihasilkan menjadi lebih jernih.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi pengelolahan serta minyak kayu putih yang di hasilkan memiliki kualitas dan kuantitasnya yang lebih optimal. Dikutip dari @humasjogja (17/4/2021). (rim)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments