Meski Cilik, Wisata Sidoresik Kali Cilik Sedatigede Ciamik

6 Desember 2023 2 KALI DILIHAT

SIDOARJO/MEDIASOROTMATA.COM – Sesuai namanya, Kali Cilik Sedatigede memang cilik atau kecil.  Namun jangan disangka sungai itu kotor dan berbau. Yang ada sungai itu bersih dan indah. Pemdes Sedatigede Kecamatan Sedati bersama warganya memoles sungai itu menjadi tempat yang indah dan nyaman. Lampu-lampu hias membentang diatas Kali Cilik Sedatigede. Sungguh cantik.

Pinggiran sungai juga disediakan meja kursi bagi yang ingin menikmati keindahan sungai itu. Berbagai sentra UMKM ditempatkan disekitar sungai. Pantaslah kalau Kali Cilik Sedatigede dapat dijadikan jujugan berkuliner. Terdapat puluhan stand makanan dan minuman yang akan memanjakan lidah. Harganyapun murah meriah. Pas dikantong.

Mengoptimalkan keberadaan Kali Cilik Sedatigede memang sengaja dilakukan Pemdes Sedatigede. Mereka ingin keberadaan sungai itu membawa manfaat bagi warganya. Melalui Program Sido Resik atau Sidoarjo Revitalisasi Fungsi Kali 2023 tahun ini harapan itu terwujud.

Tidak hanya menjaga sungai Kali Cilik Sedatigede bersih dari sampah namun juga menumbuhkan perekonomian warga Desa Sedatigede. Banyak warga yang membuka usaha disekitar sungai Kali Cilik Sedatigede semenjak dipercantik. Wisata Kali Cilik kini menjadi harapan warga untuk menambah perekonomian keluarga.

Penggagas Program Sido Resik Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor S.Hum bangga akan gotong royong warga yang menjadikan Sungai Kali Cilik Sedatigede bermanfaat bagi warga sekitarnya. Ia katakan keberadaan sungai kecil seperti akan terabaikan tanpa sentuhan warga. Oleh karenanya ia anggap warga Sedatigede sangat luar biasa bisa memaksimalkan keberadaan sungai yang dimilikinya. Meski kecil dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga sekitarnya.

“Yang luar biasa dari Sedatigede ini adalah bagaimana mereka bisa memaksimalkan sungai yang tidak begitu luas ini tapi setiap spotnya dijadikan spot-spot foto yang menarik dan banyak kuliner-kuliner lokal berbagai variasi menu yang dapat memanjakan lidah para wisatawan,”ucap Ning Sasha sapaan akrab istri Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP itu saat melakukan kunjungan ke enamnya penilaian lomba Sido Resik 2023, Rabu, (6/12/2023). (Nuri)

Related posts

Komentar