Bupati Gunungkidul Launching Program Kemitraan Ternak Ayam, Joper, Jawa Super, di Saptosari

5 Juni 2021 9 KALI DILIHAT

GUNUNGKIDUL.DIY, MediaSorotMata.comPengembangan usaha ternak kemitraan disambut antusias masyarakat di Kabupaten Gunungkidul.

Terlihat dari masyarakat yang hadir dalam launching program kemitraan ternak ayam Joper(jawa super) yang di buka lansung oleh Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta di aula Kapanewon, Kecamatan, Saptosari, Jumat (4/6/2021).

Program kemitraan yang mendapat dukungan dari BMT Dana Insani, Koperasi WMG (wira usaha mandiri Gunungkidul) dan PT.Perkitra (Permata Bukit Seribu Nusantara) dihadiri puluhan peternak dari Kapanewon Tepus dan Saptosari serta perwakilan 18 Kapanewon.

Jarot Hadiatmojo, Panewu Saptosari menyampaikan, pengembangan joper menjadi jawaban atas dampak pandemi dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat dengan menggerakkan ekonomi berbasis pemberdayaan,” bebernya.

Dengan target 1000 orang peternak, dengan modal100 ekor joper. Bisa mendapatkan 2,5 juta lebih yang dapat di panen setiap 2 bulan.

Setelah pelatihan harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggerakkan ekonomi,” kata ketua Koperasi WMG yang akrap di sapa mbah Joni.

Sementara itu Bupati Sunaryanta dalam sambutanya mengapresiasi dan mendukung program multiplasma pengembangan ternak ayam joper ini. Mengigat kebutuhan ayam nasional yang mencapai jutaan ton, dan sampai saat ini belum dapat di penuhi, bahkan oleh perusahaan- perusahaan besar. Melihat hal itu, pengembangan joper masih sangat luas.

Saat ini baru dapat memenuhi 7 persen dari kebutuhan nasional sehingga 10 tahun kedepan masih sangat prospek untuk di kembangkan,” tandas Bupati seperti dilansir laman pemkabgunungkidul(4/6).

Launching di tandai dengan penyerahan bibit ayam Joper kepada perwakilan peternak oleh Bupati Sunaryanta. Hadir pula dalam acara launching tersebut Kepala dinas Pertanian dan pangan Gunungkidul Ir Bambang wisnubroto, Panewu Saptosari serta direktur PT. Perkitra, dan Kepala BMT Dana insani mendampingi Bupati. (rim)

Related posts

Komentar