NEWS TICKER

2 bulan

Tinjau Progres Pembangunan Huntara, Wapres Berharap Sebelum Lebaran Sudah Bisa Ditempati Pengungsi

14 Januari 2022 27 KALI DILIHAT

LUMAJANG, MediaSorotMata.com – Jum’at pagi (14/1/2022), Wapres RI KH Ma’ruf Amin berkunjung ke Lumajang, tepatnya di area relokasi pengungsi APG Semeru di Desa Sumbermujur Kec. Candipuro.

Kedatangan orang nomor dua di Indonesia ini didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Suhariyanto, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Turut mendampingi Gubernur, Kalaksa BPBD Jatim Drs Budi Santosa, Kadis PU SDA Jatim dan Kadis Kehutanan Jatim.

Selain melihat progres pembangunan hunian sementara (huntara) dan pondasi hunian tetap (huntap), Wapres RI juga berkesempatan berdialog dengan sejumlah pengungsi.

Sebelum berdialog, Wapres Ma’ruf Amin juga berkesempatan melihat ke dalam unit rumah contoh huntara.

la pun mengapresiasi langkah cepat Pemkab Lumajang bersama Forkopimda dan stakeholders dalam mempersiapkan pembangunan huntara.

Namun, ia berharap agar pembangunan huntara bisa diselesaikan lebih cepat, supaya para pengungsi bisa segera hidup normal, setidaknya sebelum hari raya lebaran.

Rencananya, setiap KK pengungsi nantinya akan mendapat tanah seluas 10 x 14 meter. Untuk huntara, akan dibangun di bagian belakang dengan ukuran 4.8 mx 6 m. Sedangkan huntap, dibangun di bagian depan berukuran 6 x 6 m.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menargetkan, dalam 1,5 bulan ke depan proses pembangunan Huntara dapat dirampungkan secara keseluruhan.

Proses pembangunan akan dikerjakan bersama-sama dengan relawan maupun non governmental organization (NGO).

“Kita prioritaskan dulu yang punya balita, anak-anak dan lansia. Jika pembangunan huntara selesai, huntapnya nanti bisa langsung dilakukan pembangunannya,” ungkapnya. (Red)

Related posts

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments